Jumat, 18 September 2020
Sosok Inspirasi

Tetap Produktif, DWP UNS Terbitkan Buku di Masa Pandemi Covid-19

Kamis, 9 Juli 2020
Eko Prasetyo/KISUTA.com

KISUTA.com - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyerahkan buku Bunga Rampai Pantun Empati Covid-19 tahun 2020 kepada Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, Kamis (9/7/2020), di Ruang Kerjanya, Kampus UNS, Solo. Buku Bunga Rampai Pantun Empati Covid-19 ini merupakan buku yang berisi pantun-pantun karya ibu-ibu DWP UNS.

Ketua DWP UNS, Budhi Wijayanti Jamal Wiwoho mengatakan, selama masa pandemi Covid-19, DWP UNS mengadakan lomba pantun bertajuk Untaian Pantun DWP UNS Empati Covid-19. Lomba ini ditujukan bagi internal DWP UNS, total terdapat 83 pengirim pantun dari 13 Unsur Pelaksana (UP) DWP.

"Lomba pantun empati ini bertujuan untuk menggugah semangat supaya bangkit dalam menghadapi kondisi saat ini. Meskipun di rumah saja, kita harus bangkit dan berpikir positif. Pikiran positif tersebut dapat dituangkan ke dalam pantun yang sifatnya membangun semangat kita semua dalam menghadapi pandemi Covid-19," terang Budhi.

Kemudian pantun-pantun yang dikirim tersebut dijadikan satu dalam bentuk buku. Buku dengan tebal 97 halaman tersebut telah selesai dan diterbitkan.

"Kita cetak perdana sekitar 300 buku. Buku tersebut kita distribusikan ke anggota dan pengurus DWP UNS," imbuhnya.

Buku Bunga Rampai Pantun Empati Covid-19 ini berisi sambutan Ketua DWP UNS, sambutan Rektor UNS, profil juri lomba pantun, untaian pantun dari juri, karya pantun terbaik pilihan juri, DWP UNS berbagi di masa pandemi Covid-19 dan untaian pantun DWP UNS.

Sementara itu, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho sangat mengapresiasi pengurus dan anggota DWP UNS yang tetap produktif di masa pandemi. "Ini menunjukkan bahwa ibu-ibu DWP ini tetap berkarya dengan membuat pantun lalu dibukukan di masa pandemi Covid-19 ini," imbuhnya.

Bahkan, Prof. Jamal juga membacakan salah satu pantun karya Ketua DWP UNS, Budhi Wijayanti Jamal Wiwoho yang ada dalam buku tersebut. "Anak angsa mandi dikali, datang menghampiri si burung merpati, walau dalam masa pandemi, tetap semangat untuk berbagi," kata Prof. Jamal saat membaca pantun.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR