Rabu, 20 Januari 2021
Sosok Inspirasi

Tiga Pramuka SMA IT Nur Hidayah Menjadi Pramuka Garuda, Dilantik di Tengah Pandemi

Jumat, 18 Desember 2020
Eko Prasetyo/KISUTA.com

KISUTA.com - Sebanyak 3 siswa/i anggota pramuka SMA Islam Terpadu (IT) Nur Hidayah Surakarta meraih tingkatan tertinggi pada golongan pramuka yaitu Pramuka Garuda. Pelantikan Pramuka Garuda dilaksanakan oleh Ketua Kwarcab Sukoharjo H.Purwadi, SE.MM, Kamis (17/12/2020) di Kwarcab Sukoharjo.

“Ketiga siswa anggota Pramuka itu adalah Muhammad Irhab Nabil, Muhammad Fauzan Auliarahman dan Nada Alifa Sarjito,” ungkap Humas SMAIT Nur Hidayah Surakarta Fitri kepada wartawan.

Menurut Fitri, pelantikan pramuka garuda adalah tingkatan tertinggi pada jenjang pramuka. Setelah melalui seleksi dan serangkaian tes wawancara dan tes kecakapan, mereka dinyatakan lulus. Baru kemudian ke 3 anggota pramuka dilantik menjadi pramuka garuda.Setelah dilantik menjadi Pramuka Garuda mereka diharapkan menjadi tauladan untuk lingkungannya, baik lingkungan sekolah maupun tempat tinggal.

Ketua Kwarcab selaku Pembina Upacara menyatakan bangga dengan pelantikan ini. “Setelah dilantik Kakak berharap kalian mampu menjadi teladan bagi diri sendiri, sahabat dan lingkungannya. Pengucapan janji Tri Satya juga merupakan sumpah bagi peserta didik untuk selalu memegang teguh kode kehormatan pramuka,” ujarnya.

Purwadi menyatakan, berterima kasih kepada orang tua, yang mampu menjadi pembina pramuka di rumah. Sehingga proses pendidikan kepramukaan dapat diselenggarakan secara berkelanjutan tidak hanya di Gugus depan.” Dukungan penuh dari orang tua yang dapat mengantarkan putra dan putrinya untuk aktif dalam kepramukaan, dan menjadi Pramuka Garuda,” ujarnya.

Muhammad Irhab Nabil, salah satu anggota pramuka yang dilantik dari pangkalan SMA IT Nur Hidayah menyatakan menjadi pramuka garuda bukan untuk gaya-gayaan namun sebuah perjuangan yang butuh proses panjang untuk terus beraktifitas dalam Pramuka dengan lebih baik. "Syarat pramuka garuda antara lain memenuhi syarat kecakapan umum tingkat laksana, tanda kecakapan khusus wajib 9, diantaranya 2 utama 3 madya sisanya purwa," katanya.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR