Rabu, 27 Oktober 2021
Sosok Inspirasi

UMS akan Ikuti 3 Lomba Robot KRI

Selasa, 21 September 2021
Humas UMS

KISUTA.com - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyiapkan tim mahasiswa mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

12 Mahasiswa UMS yang tergabung dalam 3 kelompok akan bersaing dalam 3 perlombaan Kontes Robot Indonesia (KRI) pada bidang Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI).

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. KRI 2021 ini memasuki tahun ke-19 sejak pertama kali diadakan pada tahun 2003 di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu.

Dalam tim Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) beranggotakan Wahyu YuliAldianto, Aron Widiatmoko, Untung Budi Utomo, Aldi Yulianto.

KRSRI dengan tema memadamkan api dan menyelamatkan korban dengan menggunkan beberapa sensor seperti sensor pendektsi api, jarak, dan warna. Kecepatan, keberhasilan memadamkan api dan menyelamatkan korban menjadi point dalam penilaian.

Selain itu dalam Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) menampilkan robot humanoid yang dapat menari berdasarkan gerakan seni tari dan budaya bangsa di Indonesia. Robot menari dengan diiringi musik melakukan gerakan wajib sesuai dengan tema Tari Gambyong Pareanom yang beranggotakan Azas Dwi Setiawan, Kurniawan Astari, Rizal Khoiru Indrawan, dan Amal Syahnanda.

Penilaian dalam KRSTI mengacu pada beberapa point seperti Keselarasan gerakan robot, cara robot bergerak dari titik start ke finish dan keindahan pakaian yang digunakan.

Lain halnya dengan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) adalah divisi baru yang diperkenalkan pada KRI 2019. KRTMI 2021 dimainkan permainan tradisional Dam-daman, yang diterapkan dengan mengadopsi teknologi Digital-Twin.

Permainan antara dua tim yang menggerakan robot di lapangan phisik untuk memindahkan koin di lapangan digital beranggotakan Saifuddin Iqyanul Fendi Tri Riadi, Nisa Zahra,dan Adrian Wibisono.

Ketiga Tim akan bertanding pada tanggal 24 hingga 30 September 2021 yang telah dipersiapkan dari bulan Mei.

Kepala Biro Kemahasiswaan Ir. Ahmad Kholid AlGhofari, S.T., M.T. berharap semoga pada tahun 2021, tiga tim yang mengikuti Kontes Robot Indonesia mendapatkan hasil yang terbaik dan menjadi juara.

"Semoga 3 tim yang mengikuti KRI medapatkan hasil yang terbaik dan menjadi juara," kata Kepala Biro Kemahasiswaan UMS.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR