Kamis, 26 November 2020
Sosok Inspirasi

UNS Fintech Center Gelar Webinar Magang

Selasa, 20 Oktober 2020
Humas UNS

KISUTA.com – Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT) Center for Fintech and Banking UNS (UNS Fintech Center) menyelenggarakan webinar dengan tema `Internship For Your Future` pada Selasa (20/10/2020). Acara ini diselenggarakan melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings.Webinar kali ini menghadirkan dua pembicara utama yakni Prof. Wawan Gunawan A. Kadir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Ariady selaku Director of Strategic Partnership di Bright Internship.

Pada kesempatan kali ini, Prof. Wawan mengulas kriteria Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT). Terdapat 6 kriteria PUI-PT yakni kemampuan menyerap informasi dan teknologi dari luar, kemampuan mengembangkan kegiatan riset berbasis demand drive dan bertaraf internasional. Selain itu, kriteria lain yang harus dimiliki yaitu kemampuan mendesiminasikan hasil-hasil riset berkualitas bertaraf internasional, kemampuan mengembangkan dan melestarikan potensi sumber daya lokal secara berkelanjutan, kemampuan dalam mengembangkan sistem tata kelola kegiatan ilmiah jurnal yang bereputasi, dan kemampuan dalam mengembangkan sumber daya insani.

Dalam penguatan terkait pencapaian kinerja PUI-PT dapat dilihat dari aspek akademik. Dalam pencapaian kinerja PUI-PT dapat dilihat pada kegiatan magang bersertifikat untuk mahasiswa dan kegiatan riset.

“Dalam kegiatan magang bersertifikat untuk mahasiswa, bersama dengan mitra industri memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa, serta industri mendapatkan talenta yang unggul,” terang Prof. Wawan.

Menurut Prof. Wawan, kegiatan magang merupakan kegiatan praktik kerja di sebuah perusahaan, yayasan nirlaba, organisasi multilateral, institusi pemerintah, maupun perusahaan rintisan atau start-up. Kegiatan magang wajib dibimbing oleh seorang dosen atau pengajar.

Materi selanjutnya, dipaparkan oleh Ariady selaku Director of Strategic Partnership di Bright Internship. Menurut Ariady, ketika seseorang melakukan internship, hal ini akan menjadi tantangan tersendiri dan menjadi tolok ukur kemampuan pribadi.

“Magang ini bisa menjadi ajang challenge yourself. Saat magang, teman-teman dapat kesempatan mengenali potensi diri sendiri sudah sampai sejauh mana. Ini saatnya teman-teman mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari ketika kuliah,” jelas Ariady.

Selain itu, Ariady juga mengulas magang di luar negeri atau disebut dengan istilah international internships. Ada pun, ketika hendak magang di luar negeri, seorang individu harus berumur 18 tahun ke atas. Selain itu, kemampuan bahasa negara tujuan juga penting untuk dikuasai. Tak kalah penting adalah memiliki motivasi yang kuat.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR