Selasa, 20 Oktober 2020
Sosok Inspirasi

UNS Gelar Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru

Senin, 14 September 2020
Humas UNS

KISUTA.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar upacara penerimaan mahasiswa baru SV, S1, S2 dan S3 di Auditorium UNS, Solo, Senin (14/9/2020). Diikuti sebanyak 9.907 mahasiswa, termasuk 63 mahasiswa asing dari 11 negara yang dilaksanakan secara luring dan daring di YouTube UNS.

Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH menyatakan, pelantikan Mahasiswa Baru Universitas Sebelas Maret Tahun Akademik 2020/2021. "Mengingat sampai saat ini kita masih diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan, yang dikarenakan pandemi Covid-19, maka upacara penyambutan Saudara kali ini harus dilakukan secara luring dan daring via Zoom Cloud Meeting dan Youtube UNS," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Prof. Jamal juga menyatakan penuh kebanggaan mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru jenjang program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor dan selamat bergabung menjadi anggota masyarakat akademik Universitas Sebelas Maret.

"Saudara-saudara sekalian telah resmi menjadi bagian penting dari rumah besar Universitas Sebelas Maret, setelah sukses melampaui ketatnya persaingan untuk meraih tempat belajar di universitas ini. Sekadar diketahui bahwa secara nasional, UNS pada tahun 2020 ini menduduki ranking 5 kampus dengan jumlah peminat terbanyak dalam SBMPTN, yakni sebanyak 51.974 orang," ungkap Rektor UNS.

Lebih lanjut Prof. Jamal menyatakan, selamat datang di era yang penuh perubahan, perubahan akan makna, perubahan value dan perubahan peradaban. Elon Mask dengan perusahaan Space X-nya sudah mengirim turis ke luar angkasa, Gojek telah menjadi perusahaan transportasi terbesar di Indonesia tapi tidak punya satupun armada, Jutaan toko dan lapak telah dilipat dalam sebuah smart phone oleh Tokopedia, Shopee dan Jack Ma si Alibaba.

"Dan mereka merekrut staf-staf hebatnya tidak lagi bertanya ijasah anda apa? S1, S2 atau S3? Mereka mencari orang yang mau bekerja keras dan berinovasi tinggi. Selamat datang di era di mana kreatifitas adalah sebagai urat nadi berdetaknya kehidupan. Saya berharap bahwa Saudara akan menggunakan kesempatan ini untuk mulai merencanakan sebuah karya besar yang bermanfaat bagi kemakmuran masyarakat bersama seluruh civitas akademika UNS," jelasnya.

UNS ini, kata Prof Jamal, adalah kampusnya orang bekerja, kampusnya orang berkarya dan berprestasi. Pengakuan yang diberikan Kemdikbud dan lembaga perankingan internasional, seperti Webometrics, UniRank 4ICU, yang telah menempatkan UNS masuk dalam 10 besar Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia pada bulan Juli 2020 lalu adalah penyemangat bagi kita semua untuk terus dengan kebersihan hati membela kampus almamater tercinta ini di mimbar-mimbar terhormat dunia.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR