Sabtu, 27 November 2021
Sosok Inspirasi

UNS Jadi Host Pembekalan Program IISMA ke Belanda

Kamis, 12 Agustus 2021
Humas UNS

KISUTA.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim melepas secara resmi keberangkatan mahasiswa yang mengikuti Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) pada 8 Agustus lalu. Setelah itu, secara bertahap diselenggarakan pembekalan pra-keberangkatan dengan pembicara dari Atdikbud dan pengsosbud KBRI negara tujuan. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil mengirimkan 22 mahasiswa untuk mengikuti program IISMA serta mendapat kesempatan untuk menjadi host pembekalan mahasiswa yang diberangkatkan ke Belanda pada Kamis (12/8/2021).

Sebagai salah satu program unggulan dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), IISMA tahun ini memberangkatkan 970 mahasiswa untuk mengikuti pertukaran pelajar ke 59 perguruan tinggi kelas dunia di 28 negara.

Selain pembekalan ke Belanda, pada hari yang sama juga dilakukan pembekalan kepada beberapa mahasiswa yang mengambil program di 8 negara, yaitu Kanada (30 mahasiswa), Jerman dan Hungaria (71 mahasiswa), Irlandia (50 mahasiswa), Latvia (8 mahasiswa), Lithuania (5 mahasiswa), Belanda (49 mahasiswa), Amerika Serikat (120 mahasiswa).

Dalam sambutannya saat membuka acara, Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Sajidan menyatakan rasa bangga dan mengapresiasi para mahasiswa yang berhasil lolos program IISMA.

“Selamat kepada para awardee IISMA yang akan mengikuti program pertukaran pelajar selama 1 semester di Belanda,” ungkapnya.

Kemudian, Atdikbud KBRI Belanda, Din Wahid, Ph.D. menegaskan bahwa 49 orang awardee IISMA ini adalah duta-duta Indonesia sehingga harus senantiasa menjaga sikap dan perilaku untuk menjaga nama baik Indonesia di Belanda. Dalam membantu proses adaptasi budaya dan juga memperlancar proses pembelajaran selama 1 semester di Belanda, Pensosbud Den Haag, Fery Iswandi juga mengharapkan mahasiswa berkomunikasi intensif dengan mahasiswa-mahasiswa Belanda asal Indonesia yang bergabung di Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI).

Menghadapi waktu pemberangkatan yang semakin dekat, Subkoordinator Belmawa Kemendikbud Ristek, Yulito Priyoningsih berpesan agar mahasiswa senantiasa menjaga kesehatan baik sebelum, saat perjalanan, dan sesampainya di Belanda nanti. Ke-49 mahasiswa Indonesia penerima beasiswa IISMA akan tinggal tersebar di 3 kota di Belanda, yaitu Maastrict, Utrecht, dan Amsterdam.

Pada akhir pertemuan, Din Wahid mengingatkan mahasiswa untuk serius dalam mengikuti pembelajaran namun juga tetap meluangkan waktu untuk mengeksplorasi keindahan Belanda. Pada periode Agustus ini, UNS akan memberangkatkan 2 mahasiswa ke University of Szeged dan 1 orang ke University of Pecs di Hungaria,  serta 1 orang mahasiswa ke Daugavpils University di Latvia.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR