Rabu, 27 Oktober 2021
Sosok Inspirasi

UNS Rintis Bimbel Berbasis Asesmen Psikologi dan Dual Feedback System

Kamis, 7 Oktober 2021
Humas UNS

KISUTA.com - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta merintis Bimbingan Belajar (Bimbel) berbasis asesmen psikologi dan dual feedback system. "Bimbel yang diberi nama Bimbel Klaas!," ungkap Rizal Galih Pradana (S-1 Psikologi 2018), Solo, Rabu (6/10). Ia bersama Aldi Rosyid Rahmadi (S-1 Ilmu Lingkungan 2018), Regina Lovey Taqiyyah (S-1 Psikologi 2018), Angela Apriliana (S-1 Psikologi 2018), dan Alivia Amadea Theodora (S-1 Psikologi 2019).

Melalui bimbingan dosen Psikologi Fakultas Kedokteran (FK) UNS, Fadjri Kirana Anggarani, S.Psi., M.A., usaha ini menjadi terobosan baru dalam dunia Pendidikan. Bimbel ini berhasil membawa mereka lolos menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 34 pada akhir Oktober mendatang di Universitas Sumatera Utara (USU).

Rizal mengatakan, Bimbel Klaas! berupaya memaksimalkan proses belajar pada siswa melalui konsep personalisasi pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk belajar sesuai dengan preferensi gaya belajar dan kepribadian individual mereka. "Konsep personalisasi pembelajaran tersebut diwujudkan dalam bentuk asesmen psikologi dan dual feedback system yang menjadi keunggulan utama dari bimbel ini,” jelas Rizal.

Ia menambahkan bahwa asesmen psikologi sangat krusial dalam memahami kepribadian dan preferensi gaya belajar siswa. Dalam hal ini, mereka bekerja sama dengan psikolog tersertifikasi untuk pelaksanaan tes dan perencanaan kelas agar hasil yang diberikan akurat dan aplikatif bagi siswa. Tidak hanya itu, dual feedback system juga menjadi kunci evaluasi pembelajaran.

“Evaluasi dilakukan secara rutin setiap bulannya dan tidak hanya melibatkan tentor melainkan juga melibatkan psikolog, siswa, dan juga orang tua. Hasil evaluasi di tiap bulannya akan menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ke depannya,” imbuhnya.

Bimble ini telah diujicobakan kepada masyarakat umum. Hasilnya terbukti bermanfaat dan membantu orang tua dalam mengetahui gaya belajar bagi anaknya.

“Alhamdulillah, sejak mengikuti bimbel di Bimbel Klaas!, anak saya menjadi lebih maksimal belajarnya. Ditambah dengan adanya asesmen gaya belajar dan konseling sangat membantu saya sebagai orang tua untuk mengetahui gaya belajar yang cocok untuk Rara, anak saya. Tentor di Bimbel Klaas! juga sangat kompeten” ujar Norma Hidayah, orang tua siswa Bimbel Klaas!.

Rizal berkomitmen agar Bimbel ini dapat terus memberikan yang terbaik demi mewujudkan Indonesia cerdas.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR