Sabtu, 27 November 2021
Sosok Inspirasi

UPM FKIP UNS Terima Kunjungan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

Jumat, 29 Oktober 2021
Humas UNS

KISUTA.com - Dalam rangka benchmarking, Tim penjaminan mutu Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) melakukan kunjungan di FKIP UNS. Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Dekan I Fakultas Sastra, Dr. Primardiana Hermilia Wijayati, M.Pd. tersebut diikuti oleh 20 orang yang terdiri dari Wakil Dekan II, para kepala dan sekretaris program studi serta beberapa perwakilan dosen Fakultas Sastra UM, Kamis (28/10/2021).

Pada kesempatan tersebut rombongan diterima oleh Wakil Dekan I dan II FKIP UNS, Tim Unit Penjaminan Mutu, serta Kaprodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, Kaprodi Pendidikan Bahasa Daerah, Kaprodi Pendidikan Seni Rupa baik S1 maupun S2.

Acara dimulai dengan paparan tentang profil FKIP UNS oleh Wakil Dekan I FKIP UNS. Dalam paparannya, Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si., menjelaskan bahwa FKIP UNS mempunyai 23 prodi yang 21 di antaranya sudah terakreditasi A dan 2 prodi terakreditasi B karena merupakan prodi yang masih baru.

Pelaksanaan penjaminan mutu di FKIP dilaksanakan oleh Unit Penjaminan Mutu (UPM) yang terdiri dari tiga bidang yaitu, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME), dan Monitoring dan Evaluasi (Monev). Berdasarkan hasil evaluasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tahun 2021, secara umum capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) UNS telah berhasil menunjukkan keunggulannya pada peringkat I secara nasional, jelas Wakil Dekan I FKIP.

Selanjutnya, Wakil Dekan I Fakultas Sastra menyampaikan profil Fakultas Sastra Universitas Malang. Dr. Primardiana menyampaikan bahwa Fakultas Sastra yang mempunyai 21 Program Studi S1. Beberapa prodi di Fakultas Sastra UM sedang mengajukan akreditasi internasional dan sertifikasi internasional, imbuh Dr. Primardiana. Melalui kegiatan bencmarking ini, harapannya dapat saling bertukar informasi khususnya tentang best practice dalam penjaminan mutu.

Setelah dilakukan tukar cindera mata dan foto bersama dari kedua belah pihak, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi khusus tentang penjaminan mutu. Dalam uraiannya, Dr. Suharno selaku ketua UPM FKIP UNS menyampaikan bahwa pelaksanaan penjaminan mutu dilaksanakan dengan siklus PPEPP (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) standar mutu. Khusus dalam pelaksanaan evaluasi, FKIP UNS melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) dalam dua jenjang, yaitu AMI level I dan AMI level II. AMI level I ditujukan untuk semua prodi di FKIP UNS, sedangkan AMI level II merupakan AMI untuk level Fakultas.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd., selaku koordinator Monitoring dan Evaluasi (Monev) FKIP UNS menambahkan bahwa untuk auditor yang terlibat dalam pelaksanaan AMI level I adalah ketua dan sekretaris Gugus Kendali Mutu (GKM) prodi yang sudah mengikuti dan lulus pelatihan auditor. Instrumen utama yang digunakan dalam audit adalah daftar tilik yang sudah disediakan oleh LPPMP UNS dan dilengkapi dengan formulir Permintaan Tindakan Koreksi dan Pencegahan (PTKP). Sementara Dr. Bowo Sugiharto, M.Pd., selaku koordinator Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) menambahkan informasi bahwa dalam pelaksanaan budaya mutu di FKIP UNS menggunakan empat macam level dokumen, yaitu Kebijakan SPMI, Manual SPMI, Standar SPMI, dan Formulir SPMI. Setelah AMI dilakukan, Fakultas dan Universitas akan menyelenggarakan Rapat Tianjauan Manajemen (RTM) sebagai wujud komitmen menindaklanjuti hasil temuan AMI.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR