Rabu, 28 Oktober 2020
Sosok Inspirasi

UPT Layanan Internasional UNS Gelar Webinar dengan Editor Webometrics

Jumat, 18 September 2020
Humas UNS

KISUTA.com - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Internasional Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan webinar dengan judul "Improving University Global Ranking" pada Rabu (16/9) dengan mengundang Dr. Isidro F. Aguillo, founder dan editor dari Webometrics (Ranking Web of Universities) yang berbasis di Spanyol. Dr. Aguillo juga merupakan kepala dari Cybermetrics Lab, bagian dari Institute de Public Goods and Policies (IPP) yang berada di bawah Spanish National Research Council (CSIC).

Dalam sambutannya, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan bahwa UNS sangat konsen dengan perankingan Webometrics dan berharap ranking UNS bisa meningkat dalam penilaian periode selanjutnya. "Saat ini posisi UNS di peringkat ke 10 se-Indonesia dalam pemeringkatan Webometrics," terang Prof. Jamal.

Oleh karena itu, pada seminar ini Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengundang para pimpinan universitas dan anggota senat universitas untuk menyimak paparan dan berdiskusi dengan Dr. Aguillo sehingga memperoleh pemahaman yang komprehensif.

Dalam paparan materinya, Dr. Aguillo menyampaikan bahwa pada dasarnya penilaian dari Webometrics mencakup empat aspek yaitu Presence, Excellence, Visibility dan Opennes. Secara detil beliau menjelaskan indikator-indikator dari masing-masing penilaian tersebut serta membedah bagaimana posisi UNS dalam setiap indikator tersebut. Lebih lanjut Dr. Aguillo juga menyampaikan beberapa hal yang perlu ditingkatkan dari UNS untuk meningkatkan indikator-indikator tersebut utamanya dalam kaitan dengan aspek kehadiran, visibilitas dan keterbukaan.

"Sebagai contoh untuk indikator presence, perlu untuk membuat standarisasi personal page dari dosen yang informatif dan lengkap serta kemudian di-link-kan dengan profil dosen di beberapa website seperti Google Scholar, Research Gate dan Scopus," terang Dr. Aguillo.

Selain itu, Dr. Aguillo juga menjelaskan mengenai aspek visibilitas baik itu portal universitas, jejaring sosial dan lain-lain. Pada akhir paparannya, beliau menyampaikan tiga hal penting terkait dengan peningkatan pemeringkatan universitas yaitu bagaimana membuat konten baru yang mendukung sustainable development goals, mendorong pada riset-riset berkelas dunia dan membuat konten-konten berbahasa Inggris (internasional), selain konten lokal, untuk meningkatkan visibilitas di level global.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR