Kamis, 22 Oktober 2020
Herbal & Kesehatan
Tips Kesehatan

Awas, Jangan Pencet Jerawat di Hidung!

Senin, 27 Juli 2020

KISUTA.com - Sekitar hidung merupakan daerah rawan munculnya jerawat. Karena muncul di wajah, biasanya Anda akan berusaha menghilangkan jerawat dengan cara memencetnya.

Mulai sekarang, hati-hati jika Anda memperlakukan jerawat yang berada di sekitar hidung. Mengapa? Dalam anatomi hidung, ada pembuluh darah di area jembatan hidung (nasal bridge) yang langsung menuju otak, dan akan berkumpul dengan berbagai pembuluh darah balik lainnya. Daerah dari area jembatan hidung (nasal bridge) hingga sudut mulut dinamakan segitiga kematian atau triangle of death, karena infeksi di tempat tersebut dapat langsung menjalar ke otak dan menyebabkan gumpalan di sinus kavernosus.

Karenanya, sebaiknya hindari segala bentuk intervensi di area segitiga tersebut. Menurut Mother Nature Network seperti dilansir merdeka.com, luka terbuka di hidung akibat memencet jerawat bisa menyebabkan infeksi. Jika tidak segera disembuhkan, infeksi di wajah bisa sangat mematikan.

Bila terdapat jerawat yang mengganggu di wajah Anda, jangan Anda pencet sendiri. Lebih baik oles dengan bahan pengempes jerawat alami atau biarkan saja karena biasanya jerawat akan sembuh dengan sendirinya. Bila sudah terlalu parah, bawa ke dokter kulit dan beri obat sesuai dengan resep dokter. Tindakan salah kita walau kecil bisa menyebabkan kematian.* uma - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR