Kamis, 20 Januari 2022
Herbal & Kesehatan
Tips Kecantikan

Bawang Merah Berkhasiat Atasi Rambut Rontok dan Ketombe

Jumat, 6 November 2015

KISUTA.com - Bawang merah merupakan salah satu bumbu yang selalu ada dalam masakan Indonesia. Bawang merah yang dalam bahasa latin disebut Allium ascalonicum L. merupakan tumbuhan dalam famili Alliaceae. Umbi yang dihasilkan tanaman ini digunakan oleh manusia sebagai bumbu masakan. Biasanya bawang merah dihaluskan bersama bumbu lainnya, tetapi bawang merah juga enak digoreng sebagai pewangi dan penyedap masakan.

Baunya yang menyengat menyebabkan sebagian orang tidak begitu menyukai bawang merah. Apalagi disebut-sebut bahwa bawang merah bisa menyebabkan bau badan.

Selain membuat masakan menjadi sedap, ternyata bawang merah yang mengandung flavonglikosida (berfungsi sebagai antiradang, pembunuh bakteri, dan menurunkan panas), protein, lemak, kalsium, fosfor, vitamin B1 dan C ini, bermanfaat menyehatkan rambut. Jika Anda mempunyai masalah dengan kesehatan rambut seperti rambut rontok dan berketombe, bawang merah bisa dijadikan obat untuk mengatasi masalah rambut sekaligus menyuburkan rambut.

Bawang merah kaya akan sulfur, yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat rambut, sehingga bisa mengobati rambut rontok. Caranya, siapkan jus bawang merah. Pijatlah kulit kepala dengan hot coconut oil selama 30 menit, setelah itu oleskan jus bawang untuk membuka pori-pori kulit kepala. Lalu, tutup rambut dengan handuk hangat untuk menguapkan rambut. Rasanya mungkin akan sedikit hangat bercampur perih, ini karena reaksi dari bawang merah. Setelah 40 menit, keramas untuk menghilangkan aroma bawang merah yang pedas.

Bawang merah juga bisa membantu menumbuhkan rambut. Pijat kulit kepala Anda dengan jus bawang dicampur coconut oil untuk meningkatkan sirkulasi darah, sehingga terjadi pertumbuhan rambut baru. Sulfur dalam bawang merah tidak hanya mengurangi rambut rontok, tetapi juga menginduksi pertumbuhan rambut. Setelah dipijat, biarkan selama 40 menit dan kemudian bilas dengan sampo ringan.

Cara lain untuk menyuburkan rambut, campurkan jus bawang merah dengan 3 sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa. Gunakan sebagai pelembab sebelum keramas. Diamkan sejenak kemudian keramas dan bilas hingga bersih. Ramuan ini ampuh untuk menyuburkan rambut serta membuat rambut lebih berkilau dan bersinar.

Untuk menyuburkan rambut, bisa juga menggunakan campuran jus bawang merah dengan madu yang dioleskan ke rambut. Cara ini bisa menstimulasi pertumbuhan rambut dengan efektif sekaligus melembabkan mulai dari pangkal hingga ke ujung rambut. Gunakan ramuan ini dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan infeksi kulit kepala, bisa menggunakan jus bawang merah untuk mengobatinya. Infeksi jamur dapat merusak rambut dan juga menyebabkan kerontokan rambut yang parah. Selain mengobati infeksi kulit kepala, bawang merah juga membantu membuka pori-pori yang tersumbat dari folikel rambut.

Manfaat lain dari bawang merah adalah, bisa mengatasi ketombe. Campur jus bawang dengan lemon, youghurt, dan tambahkan beberapa tetes madu. Oleskan pada rambut dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan sampo anti-ketombe ringan untuk menyingkirkan ketombe secara alami.

Bisa juga memadukan jus bawang merah dengan santan dan minyak zaitun untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok. Gunakan campuran ini sebagai masker pada rambut, biarkan selama 30-60 menit sebelum dibilas dan dikeramas menggunakan sampo dan air lemon hangat.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba? Selain murah, bahan-bahan yang digunakannya pun sangat mudah didapat.* Ki Suta - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR