Kamis, 20 Januari 2022
Herbal & Kesehatan
Herbal: Mengkudu

Buah "Busuk" yang Ampuh untuk Penyembuh

Selasa, 24 Juni 2014
Ki Suta/KISUTA.COM
BUAH mengkudu juga terbukti mampu melancarkan kinerja kelenjar-kelenjar di dalam tubuh, mampu meningkatkan proses penyerapan zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan membantu menghambat perkembangan tumor atau kanker, serta mampu mempercepat penyembuhan jari

FISIKNYA tak menarik. Pohon dan rantingnya ceking seakan begitu berat menyangga daun-daunnya yang lebar. Pun dengan buahnya, bundar berkerut, bentol-bentol seperti borok, dan berbau busuk menyengat. Meski begitu, ternyata mengkudu (Morinda citrifolia) menyimpan kandungan zat aktif yang berguna untuk mengobati berbagai penyakit.

Tumbuhan yang di Pasundan disebut cangkudu dan di Tanah Jawa disebut pace, ini termasuk jenis kopi-kopian dan merupakan tumbuhan asli Indonesia. Dapat tumbuh di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Khasiat buah mengkudu yang membuatnya sangat populer adalah kemampuan zat aktif alkaloid proxeroninnya dalam menghambat dan mengatasi perkembangan sel kanker.

Buah mengkudu juga terbukti mampu melancarkan kinerja kelenjar-kelenjar di dalam tubuh, mampu meningkatkan proses penyerapan zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan membantu menghambat perkembangan tumor atau kanker, serta mampu mempercepat penyembuhan jaringan kulit yang rusak terbakar atau luka.

Khasiat lain yang telah terbukti secara empiris, di antaranya buah mengkudu cukup mujarab untuk mengatasi hipertensi, diabetes mellitus, kolesterol, memperbaiki kinerja ginjal, mengurangi gejala alergi. Di samping itu, kandungan adaptogini yang ada di dalamnya membuat buah ini bisa dikonsumsi secara rutin untuk menyegarkan badan.

Jus buah mengkudu efektif untuk menyembuhkan kanker, gangguan pencernaan, diabetes mellitus, depresi, stress, darah tinggi, dan mampu meningkatkan daya seksual. Buah mengkudu banyak mengandung protein. Sari buah mengkudu berkhasiat merangsang sistem kekebalan tubuh, mengatur fungsi sel jaringan tubuh yang rusak dan sekaligus memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Berikut beberapa ramuan buah mengkudu untuk pengobatan:

Hipertensi: siapkan satu buah mengkudu yang sudah masak di pohon dan satu sendok makan madu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya., kemudian dioplos dengan madu sampai merata dan disaring. Diminum dan diulangi dua hari sekali.

Diabetes mellitus: siapkan dua buah mengkudu yang sudah masak di pohon dan satu potong gula batu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian kedua bahan tersebut dioplos sampai merata dan disaring. Diminum dan diulangi dua hari sekali.

Demam, masuk angin, influenza: siapkan satu buah mengkudu dan satu rimpang lengkuas. Kedua bahan tersebut direbus dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, kemudian disaring. Diminum dua kali sehari, pagi dan sore.

Batuk: siapkan satu buah mengkudu dan setengah genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas. Kemudian disaring, diminum dua kali sehari, pagi dan sore.

Sakit perut: 2-3 lembar daun mengkudu ditumbuk halus. Ditambah garam dan diseduh dengan air panas. Setelah dingin disaring dan diminum.

Menghilangkan sisik pada kulit: siapkan buah mengkudu yang sudah masak di pohon. Bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.* Ki Suta - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR