Selasa, 24 November 2020
Herbal & Kesehatan
Nangka

Buah Pencegah Osteoporosis, pun Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sabtu, 7 November 2020
Ist.
NANGKA tak hanya banyak digunakan sebagai pelengkap makanan dan minuman, tetapi juga sangat baik bagi kesehatan.*

KISUTA.com - Aromanya yang harum membuat nangka menjadi pilihan untuk pelengkap minuman maupun kue. Minuman es cendol rasanya tak lengkap tanpa irisan nangka, begitu juga dengan es buah yang menjadi lebih segar dengan potongan nangka yang berasa manis. Kue nagasari pun menjadi kurang lezat kalau tak ada irisan tipis nangka berwarna kuning.

Nangka yang merupakan buah asli India dan tetangganya, yaitu Srilangka dan Bangladesh, saat ini sudah banyak dibudidayakan di negara-negara beriklim tropis, termasuk Indonesia. Nangka tak hanya banyak digunakan sebagai pelengkap makanan dan minuman, tetapi juga sangat baik bagi kesehatan.

Mengutip healthmeup, kandungan nutrisi dan mineralnya membuat nangka menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan sekaligus mengobati penyakit. Berikut beberapa manfaat buah nangka untuk kesehatan.

Menyehatkan Tulang - Nangka mengandung kalsium dan mangnesium yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tulang, serta mengurangi risiko osteoporosis.

Kekebalan Tubuh - Buah nangka diketahui mengandung banyak vitamin C. Manfaat vitamin C tak hanya berfungsi sebagai penangkal virus maupun bakteri yang akan menyerang tubuh, tetapi juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mampu melindungi tubuh kita dari penyakit dan infeksi.

Mencegah Kanker - Kandungan fitonutrien dan vitamin C, membuat nangka bersifat antikanker dan antipenuaan. Nutrisi tersebut membantu menjauhkan tubuh dari bahaya kanker serta memperlambat degenerasi sel.

Memperbaiki Pencernaan - Hal ini sangat dimungkinkan karena nangka mengandung banyak serat, sehingga mampu memperlancar gerakan usus yang bisa mencegah sembelit.

Menyehatkan Mata dan Kulit - Tak hanya kaya akan vitamin C, nangka juga banyak mengandung vitamin A. Karena kandungan vitamin A ini, maka mengonsumsi nangka sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan rabun senja. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada dalam buah nangka mampu memperlambat aktivitas radikal bebas yang mengakibatkan kulit cepat keriput sebagai tanda penuaan dini.

Setelah melihat manfaat nangka bagi kesehatan, rasanya sudah saatnya menjadikan buah ini tak sekadar pelengkap makanan dan minuman, tetapi sudah menjadi menu yang tersaji di meja makan.* Ki Suta - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR