Sabtu, 24 Oktober 2020
Herbal & Kesehatan
Tips Kesehatan

Cara Herbal Atasi Hipertensi

Jumat, 28 Agustus 2020

KISUTA.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi sering terjadi hampir pada sebagian besar penduduk perkotaan. Meski awalnya tidak terlalu membahayakan, namun jika tidak diatasi hipertensi bisa menyebabkan stroke, penyakit jantung, bahkan gagal ginjal.

Tekanan darah seseorang dikatakan tinggi jika setelah dites menggunakan tensimeter akan menunjukkan angka sistolik (tekanan atas) di atas 140 dan angka diastolik (tekanan bawah) di atas 90.

Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu faktor keturunan, faktor usia, terlalu banyak mengonsumsi garam, kadar kolesterol, obesitas (kegemukan), rokok dan kafein, serta karena stres dan kurang olahraga.

Untuk mencegahnya, memang kita harus berusaha menghindari hal-hal tersebut. Juga, menjaga kesehatan dengan pola hidup dan pola makan yang baik sebagai alternatif keluar dari kemungkinan terserang hipertensi.

Di samping itu, apabila tensi darah kita sudah di ambang batas darah tinggi, mengatasinya bisa mencoba ramuan herbal berikut ini:

Ambil secukupnya akar pohon pepaya yang tingginya kira-kira satu meter. Akar pepaya tersebut dicuci bersih lalu rebus dengan satu liter air sampai air tinggal seperempatnya saja. Air rebusan tersebut dibagi dua, untuk diminum dua kali pada pagi hari dan sore hari.

Akar pohon pepaya ini keesokan harinya ditambah air lagi dan direbus ulang. Hal tersebut bisa diberlakukan sampai tujuh kali. Jadi setiap mengambil akar pepaya sekali bisa untuk seminggu.* Ki Suta - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR