Kamis, 22 Oktober 2020
Herbal & Kesehatan
Tips Kesehatan

Cara Jitu Atasi Gangguan Kolesterol

Minggu, 9 Agustus 2020

KISUTA.com - Kolesterol adalah komponen lemak yang terdapat pada pembuluh darah. Kolesterol sebenarnya berguna sebagai sumber energi, membentuk dinding sel-sel dalam tubuh, dan sebagai bahan dasar pembentukan hormon -hormon steroid.

Kolesterol memang dibutuhkan tubuh, namun dapat membentuk endapan pada dinding pembuluh darah. Sebagai kolesterol baik, HDL bertugas mengambil kolesterol jahat serta fosolipida dari darah dan menyerahkan pada lipoprotein lain, untuk diangkut kembali ke hati. Kemudian lemak akan diedarkan kembali atau dikeluarkan dari tubuh. Inilah mengapa, kadar HDL tinggi justru dianggap baik.

Namun, kolesterol bisa menjadi jahat apabila berlebihan dan menumpuk di dalam tubuh. Selain menimbulkan kegemukan, kolesterol yang berlebihan bisa berakhir dengan sebuah kematian.

Banyak faktor yang membuat kolesterol berlebihan di dalam tubuh. Di antaranya faktor usia, pola makan yang tidak sehat, serta asupan makanan yang tidak sehat. Makanan yang digoreng dengan minyak jenuh, margarin, jeroan, kuning telur, dan beberapa jenis makanan laut berpotensi menambah kadar kolesterol tubuh.

Jika telanjur bermasalah dengan kolesterol, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan ramuan herbal yang cukup manjur. Berikut ramuannya:

Sediakan 8 lembar daun salam segar dan 3 lembar daun seledri. Rebus daun salam dan seledri tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas. Dinginkan, kemudian minum sekaligus. Lakukan dua kali sehari selama satu bulan.* Ki Suta - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR