Rabu, 17 Agustus 2022
Herbal & Kesehatan
Tips Kecantikan

Cara Jitu Atasi Rambut Rontok

Kamis, 6 Juli 2017

KISUTA.com - Rambut Anda rontok? Jangan putus asa, karena banyak orang yang mengalaminya, baik wanita maupun pria. Kerontokan rambut disebabkan berbagai hal, di ataranya:


Reaksi terhadap obat-obatan - Kandungan obat-obatan yangkeras seperti diuretik, antidepresi dapat mendatangkan efek negatif berupa kerontokan rambut.


Terjadinya anemia - Kekurangan zat besi atau anemia dapat menimbulkan rambut rontok, karena zat besi sangat dibutuhkan untuk kesuburan folikel rambut.


Ketidakseimbangan hormon - Hormon yang tidak seimbang menaikkan kadar zat kimia dalam tubuh, yaitu DHT yang dapat merusak folikel rambut. Akibatnya, rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.


Efek diet yang berlebihan - Jika Anda sedang menjalankan diet rendah kalori, berhati-hatilah. Karena diet rendah kalori yang berlebihan dapat menimbulkan dehidrasi yang menyebabkan folikel rambut kering dan rambutpun akan mudah rontok.


Stress - Tingkat stress yang tinggi dapat menyebabkan folikel rambut lemah dan mudah terserang sel darah putih. Akibatnya, rambut akan mudah rontok dan rapuh.


Untuk mengatasi kerontokan rambut, banyak obat-obatan baik yang alami maupun farmasi yang ditawarkan di pasaran. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba ramuan herbal yang mudah dan mudah didapat dan berkhasiat tak kalah dahsyat. Berikut ramuannya:


Siapkan 6-8 tangkai daun seledri segar. Haluskan daun seledri tersebut sampai lumat. Dipakai untuk keramas seperti biasa, dengan cara daun seledri tersebut dibalurkan ke kulit kepala sampai rata. Pijat perlahan-lahan. Kemudian rambut dibungkus misalnya dengan handuk dan biarkan kira-kira 45 menit. Lalu bilas sampai bersih.


Ulangi metode ini dua kali seminggu untuk rambut yang mengalami kerontokan parah. Untuk perawatan dan rontok ringan cukup dilakukan seminggu sekali.* Ki Suta - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR