Sabtu, 8 Agustus 2020
Herbal & Kesehatan
Tips Memasak

Daging Empuk dengan Kulit Pisang

Jumat, 31 Juli 2020

KISUTA.com - Jangan buang kulit pisang sembarangan, karena bisa menyebabkan orang jatuh. Nasihat orangtua zaman dulu memang benar, karena kulit pisang licin, sehingga kalau diinjak bisa membuat orang jaruh.

Sekarang, kalau Anda mempunyai kulit pisang, jangan dibuang begitu saja, karena kulit pisang bermanfaat. Apa manfaatnya? Kulit pisang bisa digunakan untuk mengempukkan daging saat dipanggang.

Mengempukkan daging banyak caranya. Jika akan diolah menjadi rendanag, semur, atau empal, maka untuk mengempukkan daging cukup dengan cara direbus dalam waktu yang cukup lama. Namun jika akan mengolahnya menjadi sate atau steak, maka Anda tidak bisa mengempukkan daging dengan cara direbus.

Selama ini untuk mengempukkan daging yang akan dipanggang, dilakukan dengan mencampur daging dengan daun pepaya atau memukul-mukul daging supaya ototnya lemas. Mengempukkan daging menggunakan daun pepaya memerlukan cukup lama. Daging dibungkus atau diremas-remas dengan daun pepaya.

Ada cara yang lebih praktis, yaitu menggunakan kulit pisang. Bagaimana caranya? Cuci kulit pisang dari pisang yang sudah matang hingga bersih. Kemudian masukkan kulit pisang ke oven, masak sampai daging matang. Kulit pisang akan membuat daging cepat empuk dan terasa lebih kenyal dan gurih. Anda tak perlu khawatir kulit pisang akan mengubah cita rasa daging. Bahkan kulit pisang akan membuat daging yang dipanggang tidak kering.

Anda penasaran mengapa kulit pisang bisa mengempukkan daging? Ternyata kulit pisang mengandung bahan aktif alami yang mampu menguraikan protein dalam daging, sehingga bisa lebih cepat empuk. Penasaran? Silakan mencoba di rumah.* uma – kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR