Rabu, 27 Oktober 2021
Herbal & Kesehatan
Daun Pandan

Herbal Andal Atasi Rematik, Aromanya Ampuh Mengusir Stres

Kamis, 10 Juni 2021
Ist.

KISUTA.com - Bagi pecinta kuliner Indonesia, pasti akrab dengan aroma pandan nan wangi. Hampir setiap kue-kue khas Indonesia, menggunakan daun pandan untuk membuat kue beraroma wangi. Daun pandan juga digunakan sebagai pewarna makanan.

Di luar manfaatnya untuk membuat cemilan menjadi wangi hingga menggugah selera, ternyata daun pandan mempunyai manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Bagi masyarakat tradisional, sudah sejak lama menggunakan daun pandan untuk merawat rambut. Kandungan nutrisi pada daun pandang memang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Gunakan masker daun pandan untuk membuat rambut hitam, lembut, berkilau, dan pastinya sehat.

Selain untuk kecantikan, daun pandan digunakan untuk menjaga kesehatan. Diantaranya:

Mengatasi rematik - Penyakit rematik merupakan penyakit yang menyerang tulang tubuh. Untuk terbebas dari rematik, coba manfaatkan daun pandan. Kandungan nutrisi pada buah pandan bisa sangat membantu menyembuhkan rematik.

Mengatasi stres - Aroma daun pandan yang cukup harum, dipercaya bisa membuat pikiran lebih tenang. Selain aromanya, nutrisi yang terkandung dalam daun pandan sangat baik untuk mengatasi stress dan perasaan gelisah. Minum rebusan daun pandan 2 kali dalam sehari ketika Anda merasa gelisah ataupun stress. Minum secara teratur bisa bantu pikiran lebih tenang dan jauh dari stress.

Menurunkan tekanan darah tinggi - Salah satu penyakit paling sering menyerang seseorang adalah darah tinggi. Karena pola makan yang tidak sehat dan juga mengalami stress berat, hal ini memicu darah tinggi lebih mudah pada diri seseorang. Untuk mengatasinya, gunakan daun pandan sebagai minuman. Rebus daun pandan dengan dua gelas air dan tunggulah air rebusan tinggal setengahnya. Minum air ini setiap pagi dan sore hari hingga tekanan darah kembali normal.* Ki Suta – kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR