Rabu, 20 Januari 2021
Herbal & Kesehatan
Tips Kesehatan

Inilah Lemak yang Bisa Membuat Tubuh Langsing

Minggu, 11 Oktober 2020

KISUTA.com - Lemak merupakan momok bagi mereka yang menginginkan tubuh langsing. Demi mencapai berat badan ideal, mereka membuang jauh-jauh lemak dari daftar nutrisi yang wajib dikonsumsi saat diet.

Lemak sebenarnya merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia. Sayangnya, lemak telanjur dianggap sebagai biang keladi naiknya berat badan sekaligus pemicu munculnya berbagai gangguan kesehatan.

Beberapa tahun terakhir, orang mulai membuka mata terhadap pentingnya lemak. Tidak semua lemak jahat dan harus dihindari. Bahkan beberapa pakar diet dunia pun menganjurkan, jika ingin membakar lemak sebaiknya makan lemak.

Pasti Anda bingung, membakar lemak kok dengan makan lemak? Jangan-jangan berat badan justru tambah naik.

Begini penjelasan singkatnya, tubuh manusia adalah organisme adaptif yang mengatur sekresi hormon dan produksi enzim berdasarkan makanan yang kita makan. Ketika Anda mengasup karbohidrat maka tubuh akan menggunakannya sebagai sumber energi dan menyimpan sisanya dalam sel-sel lemak. Ketika Anda mengonsumsi protein, maka tubuh akan menggunakannya sebagai bahan baku pembentuk sel dan jaringan otot.

Lalu bagaimana kalau mengonsumsi lemak? Manusia sebenarnya telah mengonsumsi lemak, contohnya lemak yang terdapat dalam minyak kelapa murni yang disebut Medium Chain Trigliserida (MCT) atau asam lemak rantai menengah. Minyak ini memiliki sifat cepat cerna, sehingga tubuh bisa segera menggunakannya sebagai bahan bakar.

Ketika tubuh dapat memetabolisme lemak dengan segera, maka proses metabolisme MCT ini akan menghasilkan keton, yaitu produk sampingan dari metabolisme MCT. Ketika tubuh tidak memiliki cukup glukosa, maka hati (liver) akan mengubah lemak menjadi asam keton yang digunakan sebagai bahan bakar oleh otot.

Keton juga berperan penting dalam membantu menyuplai bahan bakar sel-sel dari sistem saraf dan jaringan lain dalam tubuh, terutama ketika sel-sel tersebut membutuhkan bahan bakar dari molekul lemak.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Obesity Research and in the International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, melaporkan bahwa dengan menambahkan MCT ke dalam menu diet, secara efektif dapat meningkatkan pembakaran asam lemak.

Mereka menegaskan bahwa makan lemak yang tepat dan sehat, dapat membakar lemak. Namun, ini harus didukung dengan pengurangan asupan karbohidrat karena karbohidrat bisa memicu timbunan lemak.

Menerapkan diet rendah karbohidrat, tinggi protein dan cukup lemak sehat sepertinya bisa menjadi langkah paling bijaksana untuk mencapai tujuan Anda, yaitu menurunkan berat badan.

Sumber lemak sehat untuk menurunkan berat badan di antaranya:

1. Ikan yang memiliki kandungan asam Omega-3 yang sangat tinggi, seperti salmon, tuna, dan sarden. Asam omega3 bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi pembekuan darah, juga membantu menurunkan kolesterol darah.

2. Kacang-kacangan dapat mengurangi kadar kolesterol jika dimasukkan sebagai bagian dari menu makan sehari-hari. Lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan adalah jenis lemak tak jenuh, sehingga dapat membantu Anda mengurangi kadar kolesterol tubuh. Contohnya almond, kacang mete, kacang tanah, dan hazelnut.

3. Minyak Zaitun memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan bisa menurunkan kolesterol.* Ki Suta – kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR