Minggu, 25 Oktober 2020
Herbal & Kesehatan
Tips Kesehatan

Jalan Kaki, Olahraga Ringan untuk Kesehatan Jiwa Raga

Rabu, 29 Juli 2020
IST.
JALAN kaki bisa meningkatkan kesehatan tubuh serta mengatasi beberapa penyakit yang disebabkan oleh berat badan dan tekanan darah. Juga, jalan kaki sangat baik untuk menjaga kesehatan otak, terutama mencegah penyakit pikun.*

KISUTA.com - Jalan kaki merupakan salah satu olahraga ringan yang banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Jalan kaki bisa meningkatkan kesehatan tubuh serta mengatasi beberapa penyakit yang disebabkan oleh berat badan dan tekanan darah.

Bagi Anda yang senang jalan kaki, ada bonus yang didapat, karena ternyata jalan kaki sangat baik untuk menjaga kesehatan otak, terutama mencegah penyakit pikun. Baru-baru ini, healthmeup.com melansir penelitian yang menyebutkan bahwa jalan kaki mampu meningkatkan kemampuan kognitif mereka yang berusia senja.

Menurut salah seorang peneliti, Amber Watts, Asisten Profesor Psikologi Klinis di University of Kansas, Amerika Serikat, penelitian mengenai manfaat jalan kaki ini dilakukan terhadap 25 responden berusia senja. Responden merupakan penderita penyakit Alzheimer level menengah.

Setiap harinya, para responden diminta untuk melakukan rutinitas ringan dengan berjalan kaki. Misalnya ketika akan berkunjung ke tetangga atau sekadar pergi ke taman, mereka harus melakukannya dengan berjalan kaki.

“Hasilnya, ternyata efek buruk dari penyakit yang diderita para responden menjadi berkurang,” ungkap Amber.

Selain menemukan manfaat jalan kaki untuk mencegah pikun, penelitian juga menemukan beberapa manfaat lain dari berjalan kaki, di antaranya:

- Menurunkan tekanan darah, tekanan sendi, serta mengurangi risiko stroke.

- Bisa mengurangi stress karena berjalan kaki dapat meningkatkan produksi norepinefrin dalam otak. Zat ini mampu mengontrol tingkat stres Anda.

- Berjalan kaki ternyata mampu melepaskan hormon endorphin yang dapat membuat Anda bahagia.

- Jalan kaki dapat meningkatkan suhu inti tubuh Anda sehingga dapat membuat merasa santai dan cepat mengantuk. Cocok bagi Anda yang membutuhkan istirahat berkualitas.

- Jalan kaki bisa dimanfaatkan untuk meditasi, karena saat berjalan, Anda hanya akan fokus pada tubuh dan pikiran Anda.

Melihat manfaat yang demikian besar dari jalan kaki, sudah selayaknya jika Anda memasukkannya sebagai agenda rutin harian.* uma/berbagai sumber – kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR