Senin, 26 Oktober 2020
Herbal & Kesehatan
Tips Kesehatan

Kamu Stres? Menangislah

Senin, 12 Oktober 2020

KISUTA.com - Kalau menangis dianggap sebagai kebiasaan cengeng, maka anggapan itu salah. Menangis bukan hanya menunjukkan ekspresi sedih, namun bisa juga saat kita terharu dengan sesuatu hal yang menggembirakan. Menangis juga bisa menjadi cara alami yang bisa mengatasi stres yang menyebabkan efek negatif pada tubuh.

Seperti yang dilansir Healthmeup.com dan dikutip dreamersradio.com, menangis mempunyai manfaat bagi kesehatan. Tidak percaya? Coba baca penjelasan berikut ini.

1. Saat menangis, air mata akan melumasi bola dan kelopak mata sehingga tidak terjadi dehidrasi pada selaput lendir. Hal ini bisa membantu penglihatan menjadi lebih baik.

2. Setiap hari, mata terkena banyak bakteri dan mengendap di mata. Air mata mengandung cairan bernama lisozim yang bisa membunuh bakteri ini. Menangis selama 5-10 menit dapat menghilangkan 90-95 persen bakteri di mata.

3. Jika sedang mengalami kecemasan, tersinggung, gugup, atau gangguan emosi lainnya, lebih baik diluapkan dengan menangis. Menangis ternyata bisa mengatasi semua kegalauan akibat semua masalah emosional tadi.

4. Keluarnya air mata dan keringat, ternyata bisa menghilangkan stres. Saat menangis, air mata akan membantu melepaskan hormon yang dapat mempengaruhi stres dan mengganti suasana hati.

5. Konflik dan semua kebencian yang terjadi akan terkumpul dalam sistem limbik otak dan jantung. Memendam perasaan akan menyebabkan tekanan pada sistem syaraf dan juga kardiovaskular. Menangis bisa menjadi terapi dan membuat perasaan tersebut bisa lebih ringan.

Setelah mengetahui manfaat menangis, maka jangan pernah menahan tangis Anda jika dengan menangis Anda bisa merasa lega.* uma - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR