Sabtu, 24 Oktober 2020
Herbal & Kesehatan
Herbal

Keluarga Berry Kaya Antioksidan, Mampu Menangkal Serangan Jantung

Senin, 21 September 2020
Net
BUAH dari keluarga berry seperti stroberi, blueberry, dan blackberry mempunyai kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Keluarga berry ini dikenal kaya antioksidan.*

KISUTA.com - Buah dari keluarga berry atau berries atau beri seperti stroberi, blueberry, dan blackberry mempunyai kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Buah-buahan dari keluarga berry ini dikenal kaya antioksidan.

“Apa yang membuat berries begitu istimewa? Karena adanya kandungan phytochemical, yaitu nutrisi alami yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan,” kata ahli diet Nancy Copperman, MS, RD, CDN, Direktur Inisiatif Kesehatan Masyarakat untuk Kantor Kesehatan Masyarakat di North Shore – Long Island, New York, Amerika Serikat seperti dilansir Everydayhealth.

Orang-orang dengan risiko kuat mewariskan penyakit jantung, mungkin menemukan bahwa diet kaya buah-buahan dan sayuran mentah dapat mengurangi kemungkinan mereka terkena serangan jantung. Penelitian yang diterbitkan dalam PLoS Medicine menyebutkan bahwa dari hasil mengamati pola makan dan angka serangan jantung di antara 27.000 responden dari berbagai latar belakang, ditemukan bahwa pemuatan buah-buahan dan sayuran bisa mengubah risiko genetik dan menghindarkan Anda dari penyakit jantung.

Orang yang makan setidaknya dua porsi buah dalam seminggu, juga memiliki kemungkinan 25 persen lebih kecil untuk mengalami penyakit parkinson. Menurut penelitian, kandungan flavonoid tinggi yang berlimpah dalam berry mengurangi risiko parkinson sebesar 40 persen.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Farmasi dan Analisis Biomedis juga menunjukkan bahwa flavonoid dan senyawa lain yang ditemukan dalam berry dapat membantu mengurangi risiko kanker usus. Diet penyakit kanker umumnya menekankan buah-buahan dan sayuran, termasuk berry tentu tidak akan merugikan. Sekali lagi, Copperman menekankan bahwa manfaat mencegah kanker ditingkatkan oleh masuknya berbagai buah-buahan dan sayuran yang beraneka warna.

Diet berry juga sangat membantu bagi orang-orang yang sejarah keluarganya sarat dengan risiko penyakit jantung termasuk tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Senyawa kimia dalam buah melawan peradangan sistemik yang dapat menyertai tekanan darah tinggi, membantu membuat tubuh Anda sehat secara keseluruhan.

Mengenai kandungan senyawa flavonoid tinggi dalam buah keluarga berry yang dapat mencegah penyakit jantung, sebuah penelitian menemukan bahwa flavonoid bekerja melebarkan pembuluh darah dan melawan menumpuknya plak yang menyebabkan penyumbatan di arteri koroner, yang berdampak pada serangan jantung. Dilansir Telegraph, peneliti dari University of East Angelia, Norwich, UK, Prof. Aedin Cassidy mengatakan, wanita yang mengonsumsi banyak blueberry dan stroberi akan mengalami penurunan risiko serangan jantung sebanyak 32 persen. Penelitian yang dilakukan Prof. Aedin Cassidy ini, melibatkan 93.000 wanita dengan rentang usia 25 hingga 42 tahun.

Prof. Eric Rimm yang juga terlibat dalam penelitian ini mengatakan, blueberry dan stroberi dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam setiap menu dan memiliki dampak signifikan terhadap upaya pencegahan penyakit jantung. Sang professor menyarankan untuk mengonsumsi flavonoid dari keluarga berry ataupun cokelat dan anggur sejak usia dini untuk mengurangi risiko serangan jantung di kemudian hari.

Selain konsumsi di atas, setiap induvidu juga diharapkan tetap mengontrol tekanan darah dan memeriksa riwayat jantung keluarga. Juga menjaga berat badan ideal, mengurangi konsumsi alkohol, kafein, dan rokok.* Ki Suta - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR