Sabtu, 8 Agustus 2020
Herbal & Kesehatan
Tips Kesehatan

Mentimun, Sayuran Penghancur Lemak dalam Tubuh

Sabtu, 1 Agustus 2020

KISUTA.com - Selain enak dimakan dalam keadaan segar, timun sering kali diolah menjadi minuman segar serta menjadi campuran acar dan yang paling sering sebagai campuran rujak.

Timun yang juga sering disebut sebagai mentimun atau ketimun, merupakan tumbuhan dari keluarga labu-labuan atau Cucurbitaeceae. Tumbuhan yang nama Latinnya Cucumis sativus L ini, dapat ditemukan di hampir seluruh belahan bumi.

Timun mempunyai kandungan air yang cukup banyak, sehingga biasa dijadikan buah penyejuk. Dalam dunia kesehatan, timun sering dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Timun merupakan tanaman semusim yang memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi, vitamin A, B, dan C, serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

Selain baik untuk wajah, timun juga ternyata sangat bermanfaat untuk mengurangi penumpukan lemak pada tubuh. Apabila Anda ingin mengurangi tumpukan lemak dalam tubuh, bisa mengonsumsi timun secara teratur.

Jika Anda bosan mengonsumsi timun dalam keadaan segar, bisa mengonsumsi dalam bentuk minuman segar. Dikutip dari myhealthtips, berikut minuman berbahan dasar timun yang efektif mengurangi tumpukan lemak.

Pertama-tama Anda menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu: 8 gelas air; 1 sendok parutan jahe; 1 buah timun; 1 buah lemon; dan 12 lembar daun mint.

Setelah bahan-bahan siap, selanjutnya langkah yang Anda lakukan:

1. Ambil mentimun, kupas dan parut.

2. Tambahkan perasan air lemon.

3. Kemudian tumbuk 12 lembar daun mint sampai halus dan taruh di piring terpisah.

4. Campur semua bahan dengan 1 sdt parutan jahe, lalu masukkan ke dalam lemari es dan biarkan selama semalam.

5. Tambahkan 8 gelas air di pagi hari.

6. Minum jus ini selama sehari, setiap kali Anda merasa haus.

7. Lakukan ini selama minimal 4 hari berturut-turut untuk mencairkan lemak di tubuh.

Di samping mengonsumsi minuman ini, sebaiknya Anda juga berolah raga supaya lemak tidak kembali menumpuk.* uma – kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR