Selasa, 24 November 2020
Herbal & Kesehatan
Cermai

Pengontrol Kolesterol, Penjaga Kesehatan Seksual

Selasa, 17 November 2020
Ist.
CERMAI merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Buah ini juga kaya serat, polifenol dan air.*

KISUTA.com - Orang Indonesia mengenalnya sebagai buah cermai. Buah yang mempunyai nama latin Otaheite gooseberry ini, merupakan buah yang biasa dibuat manisan. Rasanya yang asam, cocok dibuat manisan dengan cita rasa manis asam dan pastinya menyegarkan.

Cermai merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh karena menyimpan banyak mineral seperti besi, seng serta vitamin seperti Karotenoid dan Vitamin B kompleks, yang tentunya bisa mencegah berbagai penyakit.

Dikutip dari thehealthsite.com, buah cermai kaya serat, polifenol dan air. Hal itu membuat cermai memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya sebagai penawar dari sakit perut. Mengonsumsi satu sendok teh jus cermai pada waktu perut kosong, dapat mengobati tingkat keasaman dalam lambung.

Cermai juga merupakan buah yang kaya akan vitamin A yang penting dalam produksi kolagen. Kolagen adalah senyawa yang dibutuhkan kulit untuk tetap muda dan elastis. Bila dikonsumsi saat perut kosong, kandungan nutrisi dalam cermai dapat memperlambat degradasi kolagen, yang nantinya dapat memperpanjang proses penuaan.

Manfaat lain dari buah cermai bagi kesehatan tubuh, antara lain:

Menjaga Kesehatan Seksual - Minum jus cermai sekali sehari dapat membantu meningkatkan kesehatan seksual pria. Buah ini juga dapat meningkatkan motilitas (kemampuan sperma untuk berenang), kualitas dan produksi sperma pada pria yang menderita Oligospermia (suatu kondisi di mana seorang pria memiliki jumlah sperma yang rendah).

Sebagai Antioksidan - Antioksidan dapat melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh yang sehat. Cermai mengandung banyak antioksidan seperti vitamin C, polifenol dan tanin.

Menjaga Kadar Kolesterol Darah - Cermai mempertahankan kadar kolesterol darah dengan menghambat oksidasi LDL (kolesterol jahat). Cermai juga mencegah aterosklerosis (penumpukan plak di arteri) karena memiliki antioksidan yang kuat, sehingga dapat melindungi Anda dari penyakit jantung.

Mengobati Diabetes - Cermai mengandung tingkat polifenol yang tinggi yang dapat melindungi tubuh dari sifat oksidatif gula darah yang tinggi dan mencegah resistensi urine. Selain itu, buah ini juga dapat membantu dalam penyerapan insulin yang bisa memicu penurunan gula darah pada penderita diabetes.

Anti-kanker - Dikemas dengan sifat antioksidan, cermai dapat membantu tubuh melawan efek berbahaya dari bahan kimia yang bersifat karsinogenik. Buah ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi efek berbahaya dari radiasi dan kemoterapi tanpa mengurangi efeknya dalam pengobatan anti-kanker.

Melindungi Hati - Cermai dapat digunakan untuk melindungi hati dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh bahan kimia atau alkohol.* Ki Suta – kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR