Senin, 25 Januari 2021
Herbal & Kesehatan
Herbal

Pisang, Buah Pencegah Stroke

Kamis, 3 Desember 2020
Ist.
KANDUNGAN potasium yang cukup tinggi ini, membuat pisang menjadi salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi untuk mencegah stroke.*

KISUTA.com - Hampir setiap orang di dunia ini pernah makan pisang, kecuali yang tidak menyukainya. Pisang memang salah satu buah-buahan yang sangat mudah ditemui dan tidak mengenal musim, sehingga setiap saat bisa dinikmati.

Banyak jenis pisang yang tumbuh di Indonesia. Di negeri ini, pisang biasanya menjadi buah pencuci mulut yang dikonsumsi di akhir acara makan. Selain dimakan sebagai buah pencuci mulut, pisang juga menjadi bahan baku sejumlah penganan, seperti keripik pisang, bolu pisang, molen, sampai es krim.

Pisang banyak mengandung potassium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Rata-rata dalam satu buah pisang mengandung 420 mg potasium. Sementara asupan potasium yang disarankan tak lebih dari 3.500 mg/hari. Kandungan potasium yang cukup tinggi ini, membuat pisang menjadi salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi untuk mencegah stroke.

Dikabarkan Dailymail, para peneliti menyebutkan bahwa rutin mengonsumsi makanan mengandung potasium dapat menurunkan tekanan darah sehingga sangat baik bagi penderita hipertensi. Sebuah studi juga menemukan bahwa orang yang cukup mendapat asupan potassium, mempunyai risiko stroke 24 persen lebih kecil. Penelitian yang menganalisa 128.000 orang selama 33 kali percobaan, menemukan bahwa mengonsumsi banyak mineral, seperti pisang, aman bagi tubuh.

Dr. Clare Walton dari Stroke Association mengatakan, bagi penderita stroke harus mengontrol tekanan darah mereka. Menurutnya, diet yang sehat merupakan kunci untuk mengurangi risiko stroke.

"Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko terbesar untuk stroke. Mengubah pola makan menjadi lebih sehat dapat menjaga tekanan darah tetap terkontrol," katanya.

Meskipun aman dikonsumsi, namun masih ada anggapan bahwa pisang tidak baik dikonsumsi terlalu banyak oleh orang tua, karena dikhawatirkan dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal. Hal ini menyebabkan ginjal tidak bisa menghilangkan sisa-sisa potasium dari darah.

Apabila Anda tertarik untuk mengonsumsi pisang supaya terhindar dari stroke, sebaiknya Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Supaya Anda merasa aman dan nyaman.* Ki Suta - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR