Rabu, 28 Oktober 2020
Herbal & Kesehatan
Tips Kesehatan

Rambut Bisa Menjadi Sinyal Kondisi Kesehatan Tubuh

Selasa, 22 September 2020

KISUTA.com - Rambut sehat, cantik, dan indah menjadi idaman wanita dan pria. Karenanya, menjaga kesehatan dan keindahan rambut menjadi hal penting. Perawatan ke salon menjadi acara wajib untuk menjaga kesehatan sekaligus mempercantik rambut.

Tahukah Anda, ternyata rambut bisa menjadi sinyal kondisi tubuh Anda. Dikutip dari VIVA.co.id, dari kondisi rambut, bisa diketahui apakah Anda sedang sehat atau sebaliknya. Beberapa kerusakan rambut, bisa menjadi sinyal penyakit yang sedang menyerang tubuh Anda.

Waspadai jika rambut Anda rontok atau berminyak, bercabang, dan berketombe, karena itu menandakan Anda kekurangan nutrisi yang bisa menjadi serius jika dibiarkan.

Rambut kering dan rontok menunjukkan kurangnya asupan nutrisi ke dalam tubuh Anda. Nutrisi tersebut di antaranya protein, vitamin A, lemak, serta zinc yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Gejala lain yang bisa menandakan ada yang tidak beres dalam tubuh, bisa dilihat lewat rambut berminyak. Keadaan ini biasanya menandai bahwa tubuh Anda kekurangan zat besi, asam folat, dan vitamin B6.

Jika rambut terasa kasar, maka itu sinyal bahwa Anda kekurangan vitamin A, protein, dan memiliki kemungkinan kekurangan tiroid. Sedangkan jika rambut bercabang, bisa jadi itu tanda dari anemia dan kekurangan magnesium.

Keluhan lain yang sering terjadi, ialah munculnya uban di usia yang masih muda, bahkan belia. Ini bukan hanya perkara salah pakai shampo, munculnya uban bisa juga menjadi tanda dari kurangnya nutrisi dalam tubuh.

Dalam hal ini, nutrisi yang tak tercukupi ialah vitamin A, vitamin B6, serta asam folat. Sedangkan pada kulit kepala seperti ketombe bisa menandakan adanya masalah jamur, kurangnya zinc, serta asam lemak dalam tubuh.

Melalui tanda yang disampaikan lewat rambut, seharusnya kini tindak pencegahan terhadap penyakit ini lebih mudah dilakukan. Dan yang terpenting, adalah menjaga pola hidup demi terjaganya kesehatan.* uma – kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR