Senin, 26 Oktober 2020
Herbal & Kesehatan
Zucchini

Sayuran Diet, Kaya Antioksidan, Mampu Memangkas Risiko Penyakit Jantung

Senin, 28 September 2020
Ist.
ZUCCHINI sering disebut dengan timun Jepang. Sayuran ini baik untuk diet, kaya antioksidan, dan bisa memangkas risiko stroke dan penyakit jantung.*

KISUTA.com - Apakah Anda pernah makan zucchini? Zucchini adalah salah satu jenis sayuran yang berasal dari Italia. Bentuknya mirip mentimun hijau dengan tekstur mirip terong atau terung, yaitu empuk, renyah, dan berair.

Zucchini mempunyai rasa sedikit manis dan banyak mengandung air. Zucchini biasanya diolah bersama kulitnya dengan cara dibuat sup, ditumis, atau dikukus. Bunga zucchini juga renyah dan manis karenanya sering diolah sebagai campuran salad atau digoreng dengan adonan tepung.

Zucchini yang di masyarakat sering disebut dengan timun Jepang, mempunyai kandungan vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Zucchini mengandung banyak vitamin C, lutein , folat, kalium, dan Vitamin A. Berikut manfaat zucchini bagi kesehatan:

Baik untuk diet - Bagi Anda yang sedang menginginkan berat badan ideal, bisa jadikan zucchini sebagai kudapan. Satu cangkir potongan sayuran ini hanya mengandung 19 kalori. Jumlah kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan sayuran hijau lain seperti brokoli atau kubis.

Baik untung jantung - Timun Jepang ini memiliki potasium sekitar 295 miligram per hari. Ini setara 8% dari nilai harian yang direkomendasikan. Menurut American Heart Association kalium dapat mengontrol tekanan darah karena mengurangi efek berbahaya garam pada tubuh Anda. Banyak studi yang menunjukkan bahwa dengan meningkatkan asupan kalium bisa memangkas risiko stroke dan penyakit jantung.

Kaya antioksidan - Kulit zucchini yang berwarna hijau mengandung nutrient beta karotena, yaitu vitamin yang bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan. Sayuran berkulit hijau ini mengandung antioksidan yang membantu lapisan sel-sel darah berfungsi dengan baik. Selain itu bisa juga menurunkan tekanan dan dan melindungi penyumbatan arteri.* Ki Suta - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR