Selasa, 24 November 2020
Herbal & Kesehatan
Tips Kesehatan

Sehat dan Cantik dengan Kencur

Kamis, 29 Oktober 2020

KISUTA.com - Kencur (Kaempferia galanga) termasuk jenis tumbuhan dalam suku temu-temuan. Tanaman kencur dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Kencur juga dapat ditanam dalam pot atau kebun dengan sinar matahari yang cukup, tidak terlalu basah dan juga tidak dalam tempat yang terbuka.

Rimpang kencur memiliki aroma yang spesifik dengan daging buah berwarna putih dan kulit luarnya berwarna coklat. Karena itu, kencur banyak digunakan sebagai bumbu penyedap.

Selain itu, kencur juga sudah lama dikenal sebagai tanaman obat herbal untuk mengobati beberapa penyakit. Tanaman kecur mengandung beberapa senyawa kimia seperti pati, mineral, minyak atsiri, asam metal kanil dan penta dekaan, asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphene, alkaloid, asam anisic, dan paraeumarin.

Tanaman kencur selain dapat dikonsumsi dengan cara tradisional juga sudah banyak yang mengolahnya dalam bentuk suplemen modern. Karena tanaman kencur ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan juga dapat mengobati beberapa penyakit, di antaranya untuk mengobati radang lambung, radang pada telinga, influenza dan masuk angin, mengobati diare dan sakit kepala, menghilangkan darah kotor serta memperlancar haid. Juga berkhasiat untuk melangsingkan tubuh dan mengobati jerawat. Berikut beberapa ramuan dari kencur.

Radang lambung: Siapkan 2 rimpang kencur sevbesar ibu jari. Kencur tersebut dikuliti lalu dikunyah, telan airnya dan ampasnya dibuang. Kemudian minum 1 gelas air putih. Lakukan cukup sekali sehari sampai sembuh.

Masuk angin: Siapkan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Setelah kencur dikuliti bersih langsung dimakan dengan garam secukupnya. Kemudian minum 1 gelas air putih. Dapat dilakukan 2 kali sehari.

Batuk: Siapkan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Kencur diparut kemudian ditambah 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring. Diminum dengan ditambah garam secukupnya.

Mata pegal: Ambil 1 rimpang kencur, kemudian dibelah menjadi dua bagian. Permukaan yang masih basah dipakai untuk menggosok pelupuk mata.

Melangsingkan tubuh: Ambil 1 rimpang kencur, 1 sendok tepung beras dan 1 potong gula merah. Semua bahan tersebut disedu dengan 1 gelas air panas dan disaring. Diminum dan diulang secara teratur 3 hari sekali.* Ki Suta - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR