Senin, 25 Oktober 2021
Herbal & Kesehatan
Nangka

Sehat Dimakan dan Melangsingkan

Senin, 7 Desember 2020
Ist.
BUAH nangka selain bisa membantu menurunkan berat badan juga baik untuk kesehatan kulit, rambut dan tubuh.*

KISUTA.com - Nangka atau nama ilmiahnya Artocarpus heterophyllus atau jackfruit dalam bahasa Inggris, adalah nama sejenis pohon yang buahnya mempunyai aroma sangat harum. Buahnya yang berwana kuning keemasan ketika matang, sering kali dimakan dalam keadaan segar, menjadi campuran es, atau diolah menjadi beragam jenis penganan seperti dodol, kolak, selai, atau keripik.

Nangka yang berasal dari wilayah Ghats, bagian barat India ini telah menyebar di berbagai daerah tropis, terutama di Asia Tenggara. Selain buahnya, biji nangka yang bernama beton, setelah direbus bisa dimakan sebagai sumber karbohidrat tambahan.

Selain sebagai penganan, sesungguhnya buah nangka mempunyai banyak manfaat, sayangnya tidak banyak yang mengetahuinya. Di antaranya untuk menurunkan berat badan serta baik untuk kesehatan kulit, rambut, dan tubuh.

Memang buah nangka tidak mengandung banyak nutrisi, namun sebenarnya di dalam buah nangka terkandung begitu banyak mineral dan manfaat bagi yang ingin melakukan program diet. Inilah yang tidak banyak diketahui oleh mereka yang sedang melakukan diet. Buah nangka selain bisa membantu menurunkan berat badan juga baik untuk kesehatan kulit, rambut dan tubuh.

Menurut Boldsky, ada sejumlah alasan mengapa nangka bisa membantu menurunkan berat badan. Pertama, nangka merupakan buah yang rendah lemak. Buah nangka memiliki kandungan lemak jenuh yang sedikit. Ini merupakan salah satu bukti yang menunjukkan bahwa buah nangka tidak akan menyebabkan berat badan bertambah. Malahan buah ini hampir tidak mengandung lemak, sehingga Anda tidak perlu takut untuk mengonsumsinya.

Kedua, buah nangka mengandung sedikit zat sodium, sehingga Anda tidak perlu takut jika mengonsumsi nangka dalam jumlah banyak akan berpengaruh pada berat badan. Inilah sebabnya nangka sangat cocok sekali untuk menurunkan berat badan, karena berat badan hanya akan bertambah jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak sodium.

Ketiga, kandungan serat di dalam buah nangka sangat banyak, sehingga dapat membantu memecahkan lemak dalam tubuh dan mengurangi berat badan. Serat juga membantu proses pencernaan makan serta bisa meningkatkan energi dan tingkatkan proses metabolisme.

Keempat, di dalam buah nangka terkandung banyak vitamin, mineral, dan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain mampu menurunkan berat badan juga dapat membantu mengeluarkan racun didalam tubuh.

Setelah mengetahui manfaat nangka, tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi nangka sebagai cemilan. Selain enak, juga menyehatkan.* Ki Suta - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR