Sabtu, 24 Oktober 2020
Herbal & Kesehatan
Tips Kesehatan

Sering Sakit Kepala? Cobalah Konsumsi Buah dan Sayuran Ini

Kamis, 13 Agustus 2020

KISUTA.com - Anda sering mengalami sakit kepala, namun tak ingin minum obat untuk mengatasinya? Jangan khawatir, sakit kepala tak selamanya harus diatasi dengan minum obat. Jika Anda sudah merasakan gejala sakit kepala, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi buah dan sayuran segar. Kandungan nutrisi pada buah dan sayuran, bisa meredam sakit kepala bahkan migrain.

Meskipun tidak bisa melenyapkan sakit kepala, namun tak ada salahnya Anda mencoba cara ini begitu mengalami gejala sakit kepala. Huffington Post merekomendasikan sejumlah buah dan sayur yang bila dikonsumsi secara teratur bisa mengatasi gejala sakit kepala.

Bayam - Selain kaya serat, sayuran hijau satu ini juga ternyata bisa mencegah sakit kepala. Sayuran hijau ini kaya akan riboflavin, tipe vitamin B yang terhubung dengan pencegah sakit kepala migraine.

Semangka - Jika sakit kepala Anda berhubungan dengan dehidrasi, Anda bisa menambah asupan air putih. Tapi, makanan dengan kandugan air tinggi seperti semangkan dan mentimun juga bisa membantu. Dari bahan makanan tersebut, Anda mendapatkan asupan air hingga 20 persen tapi juga menyediakan mineral penting seperti potasium yang juga bisa meredakan sakit kepala.

Kentang - Kentang kaya dengan mineral potassium yang bisa mengatasi sakit kepala. Dalam satu kentang panggang ukuran medium, terkandung 926 miligram potasium, jauh lebih banyak dari pisang.

Selain buah dan sayuran di atas, untuk mengatasi gejala sakit kepala, Anda bisa mengonsumsi kafein. Selama tidak berlebihan, konsumsi kafein bisa meredakan sakit kepala. Menurut WebMD, banyak obat sakit kepala yang mengandung sedikit kandungan kafein karena membantu tubuh menyerap obat lebih cepat. Jika tidak bisa mengonsumsi kopi, teh bisa menjadi alternatif yang menyehatkan. Satu hal yang perhatikan jangan konsumsi kafein lebih dari 500 mg.

Selain kafein, Anda juga bisa mengonsumsi ikan yang kaya dengan lemak omega 3. Asam lemak omega-3 tidak hanya baik untuk jantung. Menurut studi, kandungan anti inflamasinya bisa mengurangi sakit karena sakit kepala kronis dan khasiat ini ini semakin efektif jika dikonsumsi bersama asam lemak omega 6 yang bisa ditemukan dalam minyak sayur.

Bagaimana, apakah Anda ingin mencobanya? Rasanya, tak ada salahnya untuk mencoba karena tidak mengandung bahan kimia, sehingga tak ada dampak negative terhadap tubuh.* uma – kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR