Rabu, 12 Agustus 2020
Herbal & Kesehatan
Kenanga

Si Harum Pelega Sesak Napas

Jumat, 7 Agustus 2020
Ki Suta/KISUTA.com
SELAIN sebagai tanaman hias, kenanga juga dikenal sebagai tanaman obat.*

KISUTA.com - Kenanga (Canangium odoratum) adalah tumbuhan berbatang besar sampai diameter 0,1-0,7 meter dengan usia puluhan tahun. Tumbuhan kenanga mempunyai batang yang getas (mudah patah) pada waktu mudanya. Tinggi pohon ini dapat mencapai 5-20 meter. Bunga kenanga akan muncul pada batang pohon atau ranting bagian atas pohon dengan susunan bunga yang spesifik.

Sekuntum bunga kenanga terdiri dari enam lembar daun dengan mahkota berwarna kuning serta dilengkapi 3 lembar daun berwarna hijau. Susunan bunga tersebut majemuk dengan garpu-garpu. Bunga kenanga beraroma harum dan khas.

Di pedesaan, kenanga sering dipelihara untuk dipetik bunganya. Tumbuhan liar yang kini mulai jarang ini mudah tumbuh di daerah dataran rendah mulai ketinggian 25-1.000 meter di atas permukaan laut. Selain sebagai tanaman hias, kenanga juga dikenal sebagai tanaman obat. Berikut beberapa ramuan dari kenangan untuk pengobatan.

Asma: tiga kuntum bunga kenanga yang sudah dikeringkan diseduh dengan satu gelas air panas dan ditutup rapat. Setelah dingin disaring dan diminum secara teratur.

Sesak napas: setengah genggam bunga kenanga dan satu setengah sendok gula putih direbus dengan satu gelas air sampai mendidih hingga tinggal setengah gelas. Kemudian disaring dan diminum, lakukan secara rutin pagi dan sore.

Malaria: tiga kuntum bunga kenanga yang suda dikeringkan diseduh dengan satu gelas air panas dan ditutup rapat. Setelah dingin disaring dan diminum secara teratur.

Bronkhitis: dua kuntum bunga kenanga direbus dengan satu gelas air sampai mendidih hingga tinggal setengah gelas. Disaring dan diminum, lakukan secara rutin pagi dan sore.* Ki Suta - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR