Kamis, 25 Februari 2021
Herbal & Kesehatan
Tips Kesehatan

Tak Hanya Menggugah Selera, Acar Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selasa, 8 September 2020

KISUTA.com - Masyarakat di sejumlah negara menggunakan acar sebagai pelengkap kuliner mereka. Acar merupakan makanan yang berasal dari berbagai macam sayuran dan buah yang dijadikan satu dan dimasukan ke dalam wadah plus cuka, lalu didiamkan selama beberapa waktu. Acar sudah lama dikenal sejak 2400 SM di Mesopotamia ini, memiliki rasa manis, pedas dan asam.

Tak hanya membangkitkan selera, acar juga ternyata bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Konon, wanita-wanita cantik di Mesir pada masa Ratu Cleopatra, mengonsumsi acar untuk menjaga kecantikannya.

Membuat acar tidak lah sulit, cukup dengan memasukkan potongan buah-buahan atau sayuran ke dalam air larutan cuka. Tak banyak yang tahu bahwa acar mengandung nutrisi penting di dalamnya. Sebab acar yang terbuat dari sayuran dan buah segar mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan tentunya serat. Kandungan inilah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Bagi yang sedang menjalankan program diet atau penurunan berat badan, sangat baik mengonsumsi acar. Mengapa? Karena acar memiliki kandungan kalori yang rendah, terutama acar berbahan sayuran dan buah–buahan.

Anda pasti penasaran, apa saja manfaat acar bagi kesehatan. Berikut ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari acar.

Melancarkan pencernaan: Makanan yang direndam dengan larutan cuka, seperti acar dikenal memiliki kandungan anti mikroba dan juga dapat membunuh bakteri pada makanan selama diawetkan dengan larutan tersebut. Sehingga Acar dikenal juga dengan khasiatnya sebagai obat yang bisa menyembuhkan sakit perut dan membunuh kuman bakteri di dalamnya.

Manfaat dari peredaman dalam cuka untuk menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus, E. Coli dan Pseudomonas yang berada dalam perut dan makanan. Selain itu, terdapat juga kandungan kalium dalam acar yang berguna untuk mengurangi rasa kram pada perut akibat datang bulan.

Melawan radikal bebas: Karena acar biasanya terbuat dari buah dan sayuran segar tanpa dimasak, tentunya tinggi akan kandungan zat antioksidan di dalamnya. Zat ini berguna untuk memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya penyakit.

Meningkatkan kesehatan mental: Selain meningkatkan pencernaan, bakteri probiotik juga mampu meningkatkan kesehatan mental Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan acar dapat meningkatkan fungsi otak, mempengaruhi suasana hati, dan menghilangkan kecemasan.

Melindungi hati: Acar memiliki sifat hepatoprotektor yang dapat melindungi dan menjaga dari kerusakan hati.

Tak banyak yang tahu bahwa ternyata acar menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda membuat acar sendiri sebagai salah satu menu makanan sehat.* uma – kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR