Rabu, 12 Agustus 2020
Herbal & Kesehatan
Jambu Air

Tanaman Pekarangan yang Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan

Kamis, 28 Mei 2020
Ki Suta
SELAIN kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, mengonsumsi jambu air juga berdampak positif bagi kesehatan.*

KISUTA.com - Siapa yang tak kenal jambu air, buah yang umumnya berwarna merah menyala ini termasuk buah-buahan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Biasanya masyarakat menanamnya di pekarangan atau halaman rumah.

Jambu air memang salah satu buah asli Asia Tenggara, sehingga tak heran jika tanaman ini nyaris tumbuh di setiap rumah penduduk. Jambu air bisa dimakan langsung atau digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan tertentu seperti rujak manis, campuran salad, dan manisan.

Jambu air terbagi dalam dua kelompok, yaitu jambu air kecil atau Syzgium quaeum dan jambu air besar atau Syzgium samarangense. Jambu air yang termasuk dalam Syzgium quaeum antara lain jambu air camplong, air kancing, mawar atau keraton, baron, lonceng, dan manalagi. Sedangkan yang termasuk dalam Syzgium samarangense antara lain jambu air lilin, air apel, cincalo, dan jambu air kaget.

Jambu air mempunyai kandungan nutrisi yangcukup lengkap. Dalam setiap 100 gram jambu air terdapat kandungan air 93gram, kalori 25Kkal, protein 0,6gram, karbohidrat 5,7gram, kalsium 29mg, besi 0,07mg, magnesium 5mg, fosfor 8mg, potasium 123mg, zinc 0,06mg, sodium 0,016mg, mangan 0,029mg, vitamin C 22,3mg, thiamin 0,02mg, niacin 0,8mg, dan riboflavin 0,03mg.

Selain kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, mengonsumsi jambu air juga berdampak positif bagi kesehatan. Jambu air bisa mencegah dehidrasi karena kandungan airnya cukup tinggi. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan air dalam setiap 100 gram jambu air bisa mencapai 93 persen sehingga efektif untuk mencegah dehidrasi. Kandungan air yang melimpah dan segar tersebut juga dapat membantu meningkatkan mood baik bagi siapa saja yang mengonsumsinya.

Jambu air juga bisa meningkatkan kesuburan. Tidak ada yang menyangka jika buah yang satu ini juga baik untuk membantu meningkatkan kesuburan pria. Kandungan vitamin C dalam jambu air berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel sperma dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Jambu air yang mengandung vitamin A, yaitu vitamin yang diperlukan mata agar tetap berfungsi optimal seiring bertambahnya usia. Vitamin A juga bisa menambah imunitas tubuh dengan mendongkrak kinerja sel darah putih atau leukosit yang disebut antibodi serta antivirus.

Mengonsumsi jambu air juga baik untuk mengatasi mata lelah akibat bekerja terlalu lama di depan layar komputer.

Menurut PK Warrier dari Universitas Purdue, ekstrak biji jambu air dapat digunakan untuk mencegah diare. Bahkan di India, ramuan bunga jambu air sering digunakan sebagai obat penurun panas dan demam pada anak-anak.

Jadi, tunggu apa lagi untuk menjadikan jambu air sebagai salah satu koleksi tanaman di halaman rumah Anda. Selain buahnya enak, ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan.* Ki Suta - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR