Selasa, 24 November 2020
Herbal & Kesehatan
Pala

Tanaman Rempah yang Melezatkan dan Menyehatkan

Sabtu, 3 Oktober 2020
Ist.
TANAMAN pala memiliki nilai ekonomis dan multiguna. Setiap bagian tanaman, mulai dari daging, biji, hingga tempurung pala dapat dimanfaatkan untuk industri makanan, minuman, kosmetika.*

KISUTA.com - Pala atau nama latinnya Myristica fragrans, merupakan komoditas perdagangan yang penting di dunia. Bersama lada, buah dan biji pala merupakan rempah-rempah unggulan ekspor Indonesia. Hampir 60 persen kebutuhan pala dunia dipasok dari Indonesia.

Tanaman pala merupakan tanaman asli Kepulauan Banda, Maluku, Indonesia. Saat ini, tanaman pala sudah menyebar ke daerah-daerah lain di seluruh Indonesia. Bahkan sudah sampai di Grenada, Amerika Tengah, Asia dan Afrika. Di Indonesia, selain di Maluku, daerah penghasil utama buah pala berada di Sulawesi Utara, Sumatera Barat, NAD, Jawa Barat dan Papua.

Buah pala memiliki nilai ekonomis dan multiguna. Setiap bagian tanaman, mulai dari daging, biji, hingga tempurung pala dapat dimanfaatkan untuk industri makanan, minuman, kosmetika.

Sebagai rempah-rempah, pala banyak dijumpai dalam kuliner Indonesia. Tak hanya berfungsi untuk melezatkan masakan, ternyata pala juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Pala mengandung banyak nutrisi, seperti magnesium, kalium, kalsium, zat besi, dan vitamin B6. Pala juga mengandung protein yang mampu memperbaiki dan memperkuat otot Anda.

Dilansir healthmeup.com, berikut manfaat pala bagi kesehatan tubuh.

Sejumput pala mampu menyehatkan sistem pencernaan Anda. Pala juga mampu mengatasi masalah pencernaan yang terjadi.

Jika Anda kesulitan tidur, cobalah untuk memasukkan pala ke dalam susu yang akan Anda konsumsinya. Pala adalah obat tidur yang mampu bekerja secara efektif.

Rempah-rempah beraroma pedas manis ini bermanfaat untuk melawan bakteri di dalam tubuh sehingga menjadikan sistem kekebalan tubuh Anda membaik.

Karena pala mengandung magnesium, kalium, dan kalsium di dalamnya maka pala bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang menyebabkan nyeri otot.

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, mengonsumsi makanan yang mengandung pala juga mampu meningkatkan kesehatan mental Anda.

Pala dikenal mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan mengobati infeksi ginjal.* Ki Suta - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR