Senin, 25 Januari 2021
Unik Menarik

12.227 Nakes Solo Dapat Giliran Pertama Divaksin Sinovac

Minggu, 10 Januari 2021
Humas Pemkot Solo
KEPALA DKK Solo, dr. Siti Wahyuningsih.*

KISUTA.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo dr. Siti Wahyuningsih menyatakan, pada tanggal 14 Januari 2021 saat giliran pertama ada sebanyak 12.227 tenaga kesehatan (Nakes) Solo yang bakal mendapatkan giliran pertama mendapatkan Vaksin Sinovac.

“Kemungkinan efek yang ditimbulkan setelah divaksin Sinovac, diantaranya merasakan mual, gatal-gatal, bisul hingga pingsan,” ujar Ning panggilan akrab Kepala DKK Solo, Sabtu (9/1/2021).

Untuk itu, Ning menyarankan pada siapapun yang telah disuntik Vaksin Sinovac diharuskan beristirahat selama 30 menit. Tujuan untuk melihat apakah ada gejala efek samping atau tidak. “Kami sarankan seperti itu, beristirahat selama 30 menit setelah disuntik Vaksin Sinovac,” jelasnya.

Ia mengatakan, tidak ada Nakes yang merasakan efek samping usai disuntik Vaksin Sinovac. Namun demikian, jika ada yang merasakan efek samping bisa segera berkomunikasi dengan Tim Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dan mengadu ke Posko Aduan di Puskesmas.

“Segera melapor ke Posko Adun jika merasakan efek samping Vaksin Sinovac. Harapan kami tidak ada keluhan,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk Posko Aduan bisa mendatangi 33 Puskesmas atau sesuai lokasi Nakes disuntik Vaksin Sinovac. “Saya optimis tidak akan ada keluhan atau efek samping soal Vaksin Sinovac,” jelasnya.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR