Senin, 25 Oktober 2021
Unik Menarik
Unik

Ayam Cemani Indonesia Jadi Klangenan Orang Amerika

Rabu, 19 Agustus 2020
Ist.
AYAM Cemani asal Indonesia menjadi unggas yang sangat diminati di Amerika Serikat . Tak heran jika harganya menjadi sangat mahal.*

KISUTA.com - Dalam lima tahun terakhir, ayam cemani asal Indonesia menjadi unggas yang paling disenangi oleh masyarakat Amerika Serikat. Di Greenfire Farms, Florida, ayam berbulu hitam ini, dijual dengan kisaran harga Rp 40 juta per ekor. Kalau ingin membeli sepasang, maka harganya sekitar Rp 70 juta.

Dilansir dari Business Insider, beberapa waktu lalu, seorang peternak unggas asal Florida, Paul Bradshaw mengaku bahwa Ayam Cemani menjadi unggas yang sangat diminati di Amerika Serikat . Tak heran jika harganya menjadi sangat mahal.

Menurut Bradshaw, dirinya saat ini kebanjiran pesanan Ayam Cemani. Padahal sebagai peternak pertama ayam jenis ini, dirinya belum pernah mendapatkan pesanan yang begitu banyak. Saking banyaknya pemesan Ayam Cemani, Bradshaw memperkirakan pesanan akan terus meningkat.“Pesanan akan terus meningkat karena jenis ayam ini masih sulit diperoleh,” katanya.

Salah satu alasan mengapa harga Ayam Cemani menjadi mahal adalah, karena semua bagian ayam tersebut berwarna hitam. Bukan hanya bulunya saja, tetapi juga kulitnya, seluruh bagian badannya, termasuk dagingnya juga berwarna hitam. Ini yang menjadikan Ayam Cemani sangat spesial dan langka. Para kolektor terpesona pada Ayam Cemani karena kecantikannya, keeksotisannya, dan kesulitan mendapatkan unggas tersebut.

Di Indonesia dan juga Asia, Ayam Cemani sangat dekat dengan hal-hal yang berbau mistik. Karena dagingnya yang hitam, ayam ini menjadi bagian dari berbagai ritual.* das - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR