Sabtu, 8 Agustus 2020
Unik Menarik

Di Balai Muhammadiyah Solo, Jamaah Shalat Idul Adha Tetap Jaga Jarak

Jumat, 31 Juli 2020
Eko Prasetyo/KISUTA.com

KISUTA.com - Di Balai Muhammadiyah Solo, jamaah shalat Idul Adha 1441 H tetap jaga jarak dan memakai masker. Pelaksanaan shalat Idul Adha dilaksanakan sesuai protokol kesehatan Covid 19. Imam dan khotib dilakukan oleh Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, KH. Ahmad Sukidi.

Ahmad Sukidi mengatakan, perayaan Idul Qurban tahun 2020 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini bersamaan dengan pandemi Covid 19 sangat berdampak pada semua aspek kehidupan. "Tidak hanya masalah kesehatan dan ekonomi, tetapi juga aspek ibadah terkena dampak pandemi Covid 19," ungkap Sukidi di depan jamaah Shalat Idul Adha 1441 di Balai Muhammadiyah Surakarta, Jumat (31/7/2020).

Sukidi mengatakan, sebagai umat Islam yang beriman dan taqwa, kita harus cerdas dalam beribadah di masa pandemi.

"Kita harus mengikuti aturan pemerintah dan maklumat ulama serta putusan tarjih Muhammadiyah agar kita senantiasa sehat jiwa dan raga sehingga dapat melaksanaan ibadah secara maksimal," tandas Sukidi.

Sukidi saat memberi khotbah Idul Adha mengatakan kita meyakini dengan sepenuh hati, bahwa setiap ibadah yang Allah syariatkan pasti mengandung hikmah dan nilai dalam kehidupan. Ibadah qurban merupakan ibadah yang didalamnya dapat banyak nilai kehidupan.

Sukidi mengingatkan, saat ini kita juga sedang mendapatkan ujian dari Allah SWT, yaitu pandemi covid 19. Kita harus terus bersabar mengikuti himbauan pemerintah dan ulama untuk senantiasa menjaga kebersihan, memakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, jaga jarak dan menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Pandemi ini, menurut Sukidi, juga berdampak pada kehidupan ekonomi kita. Sebagian dari kita ada yang berkurang penghasilannya, bahkan ada yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan harus berjuang untuk mendapatkan sumber penghidupan yang baru.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR