Sabtu, 27 November 2021
Unik Menarik

Kepala BRIN Kunjungi PUI Baterai Lithium UNS

Jumat, 29 Oktober 2021
Humas UNS

KISUTA.com - Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. mengunjungi Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT) Teknologi Penyimpanan Energi Listrik (PUI Baterai Lithium) UNS, Jumat (29/10/2021). Dalam kunjungan tersebut Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. bersama rombongan disambut langsung oleh Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Kuncoro Diharjo dan Ketua PUI Baterai Lithium UNS, Prof. Agus Purwanto.

Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Kuncoro Diharjo menyampaikan terima kasih atas kehadiran Kepala BRIN dan jajarannya ke PUI baterai Lithium UNS. "Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Handoko dan jajarannya. Menjadi suatu kebanggaan bagi kami karena mendapat kunjungan dari Kepala BRIN,” ujar Prof. Kuncoro.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Kuncoro menyampaikan bahwa UNS sudah berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) sejak 6 Oktober 2020. Selain itu, UNS juga meraih penghargaan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2020/2021.

“Selain PUI Baterai Lithium, kami juga memiliki dua PUI lagi yaitu PUI Javanologi dan PUI Center for Fintech and Banking (Fintech Center),” imbuh Prof. Kuncoro.

Dengan kehadirannya Kepala BRIN beserta rombongan ke UNS, Prof. Kuncoro berharap nanti ada arahan untuk kemajuan PUI Baterai Lithium UNS kedepannya.

Sementara itu, Kepala BRIN, Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. usai melakukan sarasehan dengan pihak PUI Baterai Lithium UNS dan berkeliling melihat produksi baterai lithium mengatakan bahwa proses produksi baterai lithium di UNS sudah bagus.

“Kalau menurut saya sudah bagus dan cukup maju. Meskipun tentunya masih ada peluang untuk bisa diperbaiki lagi khususnya terkait dengan pengujian baterai yang berkapasitas besar dan juga terkait dengan yang raw material dan ini akan jadi bagian dari perencanaan kami di BRIN kedepan,” ujar Dr. Handoko.

Dan usai kunjungan ini, Dr. Handoko mengatakan akan ada tindak lanjutnya. Dari BRIN membuka berbagai hibah baik untuk riset, Sumber Daya Manusia (SDM) riset, mobilitas riset yang memang dibuka untuk umum dan bukan untuk BRIN saja. “Sehingga ini bisa dimanfaatkan untuk periset di UNS khususnya di PUI Baterai Lithium,” pungkanya.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR