Kamis, 25 Februari 2021
Unik Menarik

Pemkot Solo Siapkan Solo Technopark untuk Pasien Covid-19

Kamis, 3 Desember 2020
Humas Pemkot Solo
WALIKOTA Solo, FX Hadi Rudyatmo.*

KISUTA.com – Membludaknya jumlah pasien Covid-19 di kota Solo beberapa hari belakangan ini, ternyata sejumlah rumah sakit di kota Solo menjadi penuh. Untuk mengantisipasi hal itu, Pemerintah kota Solo kini menyiapkan Solo Technopark sebagai tempat rumah sakit darurat.

“Saat ini rumah sakit daerah Pemerintah Solo sudah penuh untuk merawat pasien Covid-19, ditambah rumah sakit swasta,” ungkap Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, saat bertemu di Balaikota Solo, Kamis (3/12/2020).

Menurut Rudy panggilan akrab Walikota Solo, di Solo, ada dua rumah sakit milik Pemerintah Solo, RSUD Ngipang dan RSUD Bung Karno. Keduanya tersebut tidak hanya merawat pasien rujukan Covid-19 dari Solo saja, tetapi juga daerah lainnya di eks Karesidenan Surakarta. “Rumah sakit Solo pada penuh karena para pasien dari daerah lain dirujuk ke rumah sakit di Kota Solo,” ungkapnya.

Bahkan adanya kondisi itu, menurut Rudy, pihaknya telah menyampaikan kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo agar Asrama Haji Donohudan di Boyolali bisa dimanfaatkan untuk rumah sakit darurat. Pasien Corona isolasi mandiri bisa dirawat di Asrama Haji Donohudan.

“Saya melihat penerapan isolasi mandiri di rumah tidak bisa berjalan efektif. Untuk memutus mata rantai Virus Corona, pasien positif Covid-19 supaya diisolasi dengan pengawasan petugas dalam satu lokasi,” ungkapnya.

Rudy mengatakan, pihaknya telah menyiapkan Solo Technopark sebagai RS darurat Covid-19 untuk merawat pasien Corona asal Solo. Saat ini tinggal dilakukan dilakukan penyekatan untuk kamar pasien.

“Untuk tenaga kesehatan di RS darurat Solo Technopark, kita rekrut nanti dengan bantuan Anggaran APBD karena masih cukup,” tandasnya.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR