Selasa, 24 November 2020
Unik Menarik
Organisasi Alumni yang Sudah Berbadan Hukum

Roemah Tiga, Wadah Alumni Smaga Surakarta yang Semakin Berkontribusi

Senin, 5 Oktober 2020
Dok.RT

KISUTA.com - Roemah Tiga, wadah Keluarga Besar Alumni (KBA) SMA Negeri 3 Surakarta dan Jajaran SMAN 3 Surakarta melauncing AD/ART Roemah Tiga, Pemasangan Mahkota Gunungan Customer Service SMAN 3 Surakarta, dan Launching RUGA, di Kampus Kerkof SMA Negeri 3 Solo, Minggu (4/10/2020). Acara dihadiri oleh Kepala Sekolah Agung Wijayanto beserta segenap jajaran SMAN 3 Surakarta, Ketua Komite Sekolah Sabar Narimo, Bambang dan Joko, Guru aktif, dan Sarwoko dari Paguyuban Guru Purna Bakti, R3 Muda, Ketua RT lingkungan SMAGA, Tim engineer Roemah Tiga dan segenap Pengurus Roemah Tiga.

"Pemasangan ini menandai mulainya renovasi dan pembangunan 8 titik di SMAN 3 Surakarta sebagai wujud nyata dukungan Roemah Tiga terhadap program 3P dari Kemendikbud yang dicanangkan oleh SMAN 3 Surakarta," ungkap Ketua Umum Roemah Tiga Monica Subiakto kepada wartawan di Kampus Kerkof SMA Negeri 3 Surakarta.

Mahkota Gunungan secara simbolis, menurut Monica, menandakan kerjasama bahu membahu antara SMAGA dan Roemah Tiga. "Roemah Tiga pada kesempatan yang berbahagia ini juga mengadakan launching Akta AD/ART yang di dalamnya memuat susunan pengurus, pengawas, dan dewan penasehat yang diketuai oleh Perry Warjiyo dari angkatan 76 yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia," jelasnya.

Monica mengatakan, Akta AD/ART Roemah Tiga legal oleh Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia nomor AHU 0006911.AH.01.07. Tahun 2020 tertanggal 23 Juli 2020, yang melaksanakan kegiatan di bidang sosial dan kemanusiaan. Notaris Agus Subyanto, S.H., Nomor 21, pada tanggal 11 Juli 2020. "Dengan disahkan Kemenkumham maka Roemah Tiga menjadi organisasi alumni yang legal secara hukum," jelasnya.

Lebih lanjut Monica mengatakan, dengan launching maskot Roemah Tiga yaitu RUGA. RUGA yang merupakan icon dari Kecerdasan, Inovasi, Kerja Keras dan Masa Depan adalah karya dari alumni SMAN 3 Ska angkatan 2006 Roid Mukhtar. RUGA diharapkan dapat mewakili dan mencitrakan visi misi Roemah Tiga dan program kerjanya. Sifat-sifat RUGA diharapkan tersemai di semua Anggota Roemah Tiga yaitu menggunakan kecerdasan dalam berinovasi juga kebaikan untuk sesama, dan diiringi dengan kerja keras yang membentuk masa depan yang cerah. Frame besar RUGA adalah membentuk masa depan Indonesia maju.

Dalam kesempatan ini juga diadakan preview WEBSITE ROEMAH TIGA oleh Arbi dari alumni 2011. Roemah Tiga dan SMA 3 Ska pada Program Roemah Tiga dan SMAGA Berbenah mengajak seluruh alumni Smaga dari semua angkatan untuk berkontribusi konkrit menyumbangkan karya nyata untuk Almamater, yaitu Sekolah, para Guru baik yang aktif maupun yang sudah purna tugas, Karyawan dan para murid. Jadi stake holder Roemah Tiga adalah SMAN 3 Ska dan Komite sekolah.

Pada tahap ini, menurut Ketua Roemah Tiga, ada 8 titik renovasi yang sedang berjalan di SMAGA Kampus Kerkhof yaitu:
1. Pembangunan Customer Service dan pelatihan Excellent Service oleh International Hotel Management School (IHS) Solo
2. Pembangunan Pos Satpam
3. Renovasi Kantin menjadi Digital Canteen kerjasama dengan Bank BCA dan ITB
4. Renovasi Ruang Guru oleh Iman Hartono alumni tahun 85
5. Renovasi Lobby kerjasama dengan Perhutani
6. Pembangunan Anjungan Tunai Mandiri setor tarik bekerja sama dengan Bank BCA
7. Renovasi dan Penyempurnaan Sarpras UKS oleh Roemah Tiga 88 dan PT Itama Ranoraya
8. Pemasangan Videotron di SMAGA Kampus Kerkhof
Donasi juga berasal dari alumni yang peduli dengan pembangunan fisik sekolah. Selain pembangunan fisik, program ini juga akan merintis pembangunan non fisik dan peningkatan keterampilan internal SMA 3 Ska. Roemah Tiga sedang merintis website yang akan terkoneksi dengan website SMAN 3 Surakarta. "Ini saatnya kita alumni membayar lunas hutang budi kepada sekolah kita tercinta," tandasnya.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR