Sabtu, 27 November 2021
Unik Menarik

Tawangsari Boyolali Menuju Desa Digital

Jumat, 29 Oktober 2021
Eko Prasetyo/KISUTA.com

KISUTA.com - Transaksi non tunai terus berkembang. Pemerintah Desa Tawangsari, Kecamatan Teras, Boyolali menangkap potensi tersebut untuk kemudahan dan kemajuan masyarakat.

Caranya, dengan melaunching desa digital pada Kamis (28/10/2021). Dimana digitalisasi tersebut sebagai pendukung program Pemdes sesuai Kepres No 3/2021 tentang program percepatan digitalisasi daerah.

Hal itu juga dipercepat dengan terjadinya pandemi Covid-19.

“Tawangsari melihat pandemi Covid-19 yang dahysat ternyata tak hanya mendatangkan musibah, namun juga membawa berkah,” ujar Kades Tawangsari, Yayuk Tutik Supriyanti.

Yayuk mengatakan, dalam musibah itu, pihaknya berupaya mencari terobosan baru. Pasalnya, mobilitas warga dibatasi. Ibu- ibu yang biasa belanja di pasar menjadi terhambat karena mobilitas keluar dibatasi.

Mempertimbangkan seperti itu maka masyarakat di Desa Tawangsari utamanya pelaku UMKM membuat suatu perkumpulan maupun digitalisasi atau bela beli di Tawangsari lewat grup medsos whatsapp.

“Dari jual beli motor sampai anak ayam cukup di tawangsari melalui WA grup. Di wa grup itulah kami bertransaksi yang dinamakan lapak tawangsari.”

Namun dalam perjalanan waktu, muncul kesulitan dalam lapak tawangsari. Pasalnya, masih ada pertemuan pembeli dan penjual saat pengiriman barang pesanan. Termasuk saat penyerahan uang setelah barang diantar ke rumah.

Ternyata langkah itu tidak semulus harapan. Hingga pihaknya bertemu dengan BI serta penyedia layanan jual beli mobile.

Hingga dibuat sistem jual beli nontunai. Sistem baru ini mendapat sambutan positif masyarakat, utamanya pelaku UMKM.

“Kami juga menggelar pelatihan jual beli secara digital”.

Sementara itu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setda Boyolali, Totok Eko YP juga menyatakan mendukung pembentukan desa digital di Tawangsari. Hal ini juga sejalan dengan Pemkab Boyolali yang telah menggulirkan sistem digital Smart City.

“Tentunya kami berharap langkah ini semakin berkembang untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkas Kades Yayuk.* Eko Prasetyo - kisuta.com

 


BAGIKAN

BERI KOMENTAR