Rabu, 27 Oktober 2021
Unik Menarik

Tim Penjaminan Mutu FKIP Universitas Riau Kunjungi FKIP UNS

Selasa, 12 Oktober 2021
Ist.

KISUTA.com - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mendapat kunjungan dari Tim Penjamianan Mutu FKIP Universitas Riau (UNRI) dalam rangka benchmarking, Selasa, 12 Oktober 2021. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Sidang I Gedung F FKIP UNS ini dihadiri Tim Penjamin Mutu FKIP UNRI, yakni Dr. Sri Kartikowati, M.A., M.Bus. dan Dr. Zetra Hainul Putra, S.Si., M.Sc. Yang disambut oleh Dekan FKIP UNS, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, Tim SPMI FKIP, Tim SPME FKIP, dan Tim Monev FKIP.

Acara diawali dengan serah terima cinderamata di antara dua pihak, yakni FKIP UNS dan FKIP UNRI.

Acara kunjungan dari Tim Penjamianan Mutu FKIP Universitas Riau (UNRI) dalam rangka benchmarking berlangsung dengan serius tapi santai. Kegiatan lalu dilanjutkan sambutan dari Dr. Mardiyana, M.Si., selaku Dekan FKIP UNS dan disambung dengan acara sambutan Dr. Sri Kartikowati, M.A., M.Bus., mewakili Tim Penjaminan Mutu UNRI.

Masuk inti acara, Dr. Mardiyana, M.Si., memaparkan mengenai SDM FKIP UNS, Visi dan Misi FKIP UNS, peta sebaran lokasi kampus FKIP UNS, target capaian FKIP 2021, Tugas pokok dan Fungsi UPM, dan Target Akreditasi Internasional FKIP UNS. Kegiatan kunjungan dari Tim Penjamianan Mutu FKIP Universitas Riau (UNRI) dalam rangka benchmarking dilanjutkan sharing akademik dengan fokus bahasan berkenaan akreditasi internasional, dan keberlangsungan siklus PPEPP yang berkenaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Monitoring dan Evaluasi (Monev).

Pada kesempatan tersebut, tim dari UPM FKIP UNRI mendapatkan penjelasan secara detil tentang persiapan akreditasi internasional yang dilakukan oleh prodi-prodi FKIP UNS yang sedang mempersiapkan akreditasi internasional yang melalui agen akreditasi internasional seperti ASIIN, FIBAA, dan AQAS. Secara khusus, tim dari FKIP UNS juga berbagi informasi tentang pelaksanaan SPMI di FKIP UNS yang dikoordinasi oleh UPM FKIP UNS, mulai dari penyusunan dokumen SPMI hingga pelaksanaan siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Peninjauan, dan Peningkatan Mutu di FKIP UNS.

Dalam uraiannya, Dekan FKIP UNS menjelaskan bahwa dokumen SPMI yang dimaksud meliputi dokumen kebijakan SPMI, dokumen Manual SPMI, dokumen standar SPMI, dan dokumen formulit SPMI. Lebih lanjut, Dr. Mardiyana mengatakan bahwa pelaksanaan standar mutu dievaluasi melalui kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) baik AMI level 1 maupun AMI level 2.

“AMI level 1 merupakan AMI yang ditujukan untuk semua prodi di FKIP UNS mulai dari prodi S1, Profesi, S2, sampai dengan S3. Sedangkan AMI Level 2 merupakan AMI untuk level fakultas”, jelas Dr. Mardiyana, M.Si. Pada sesi akhir kegiatan kunjungan dari Tim Penjamianan Mutu FKIP Universitas Riau (UNRI) dalam rangka benchmarking ditutup dengan foto bersama dengan tetap menerapkan protokol kesesehatan.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR