Jumat, 26 Februari 2021
Unik Menarik

TNI Bakal Bangun Rumkitlap di Benteng Vastenburg Solo untuk Rujukan Pasien Covid-19

Sabtu, 16 Januari 2021
Humas Pemkot Solo
KOMANDAN Korem 074/Warastratama Solo, Kol Inf Rano Tilaar saat meninjau Benteng Vastenburg Solo.*

KISUTA.com - TNI Angkatan Darat (AD) bakal membangun rumah sakit lapangan (rumkitlap) di Benteng Vastenburg Solo. Rumkitlap tersebut bakal dijadikan rumah sakit (RS) rujukan Covid-19.

 
"Rencananya akan mulai dibangun tanggal 21 Januari 2021 mendatang. Dibutuhkan waktu sekitar tujuh hari untuk membangunnya dan siap dioperasikan," ungkap Komandan Korem 074/Warastratama Solo, Kol Inf Rano Tilaar, di Solo, Sabtu, (16/1/2021). 
 
Kol Inf Rano mengemukakan, Rumkitlap nantinya berkapasitas 100 tempat tidur dilengkapi dengan laboratorium. Selain itu, rumkitlap juga memiliki fasilitas tenda perawatan, tenda tenaga kesehatan (nakes), tenda isolasi, IGD, farmasi dan fasilitas perawatan lainnya.

"Rekomendasinya untuk warga Solo dan sekitarnya. Namun jika ada pasien lain dari luar daerah ya kita tidak bisa menolaknya," jelasnya.
 
Rano menerangkan, jumlah kasus positif covid-19 di Kota Solo yang cukup tinggi menjadi pertimbangan pembangunan rumkitlap. Pemilihan Benteng Vastenburg sebagai lokasi rumkitlap karena berjarak sekitar dua kilometer dari RS DKT Solo yang merupakan RS milik TNI AD.
 
"Untuk nakes yang mengoperasikannya nanti juga diambil dari nakes RS DKT Solo. Nantinya rumkitlap akan merawat OTG dan pasien covid-19 dengan gejala ringan," ungkapnya.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR