Rabu, 27 Oktober 2021
Unik Menarik

Wakil Rektor 3 UNS Resmikan Rumah Kaca

Sabtu, 18 September 2021
Humas UNS

KISUTA.com - Wakil Rektor (WR) 3 Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Kuncoro meresmikan penggunaan Rumah Kaca (Green House) berbasis Intenet Of Thinking (IOT), di Karanganyar, Sabtu (18/9/2021). Green House berbasis IOT yang di gagas oleh tim peneliti Dr.Ir. Yudi Rinanto, MP (Prodi Pendidikan Biologi) bersama Dewanto Harjunowibowo. SSi.MSi, PhD.(Prodi Pendidikan Fisika), keduanya adalah dosen FKIP UNS.

Dengan fasilitas tersebut mahasiswa dapat melakukan penelitian untuk menapis faktor2 mikroklimate yg berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman, diantaranya faktor Suhu, kelembaban tanah dan udara, serta cahaya/sinar secara terkontrol berbasis internet. "Jadi mahasiswa tetap bisa melakukan kendali terhadap variabel2 tersebut dimanapun dan kapanpun melalui Hand Phone secara otomatis," ungkap Yudi.

Penggunaan teknologi seperti itu, kata Yudi, telah lama diterapkan di negara maju dibidang pertanian dlm arti luas. Lebih lanjut Ia mengemukakan, Tim peneliti bersama 10 mahasiswa yg sedang mengikuti program Hibah MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Di awal uji coba system terkontrol dalam rumah kaca ini menerapkan untuk tanaman obat sirih hitam yg secara alamiah tumbuh sangat baik di habitat tertentu dengan spesifikasi mikrokoimat tertentu, dan tidak dapat menampilkan pertumbuhan maksimal ditempat lain.

Uji coba dilakukan terhadap stek sirih hitam pada berbagai variasi suhu, cahaya dan kelembaban media dan udara. Diharapkan dengan fasilitas yg ada, akan memantik mahasiswa yg lain untuk melakukan penelitian dibidang serupa untuk permasalahan tanaman yg lain. Pemanfaatan teknologi seperti ini menjadi dasar penerapan system pertanian modern menuju “smart farming system”.

Itomatis dari Hand phone bisa diatur suhu, kelembaban, dan cahaya nya. "Artinya kelembaban media nya berkurang.. maka sensor akan bekerja otomatis, untuk “nyemprot” air sampai kelembaban tertentu yang dikehendaki. Jika sinar nya disetel selama 12 jam tiap hari secara otomatis," ujar Yudi.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR