Rabu, 15 Mei 2024
Wisata & Sejarah
Curug Cimahi

Menikmati Sensasi Air Terjun Pelangi

Minggu, 18 Oktober 2015

KISUTA.com - Curug Cimahi merupakan salah satu air terjun yang berada di wilayah Bandung Utara. Air terjun yang berada di sekitar Lembang ini, berasal dari aliran Sungai Cimahi yang berhulu di Situ Lembang. Curug Cimahi yang memiliki ketinggian sekitar 87 meter berada di dataran tinggi Bandung Utara, tepatnya di Desa Kertawangi, daerah Cisarua Lembang.

Saat ini Curug Cimahi telah menjadi tempat wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani. Banyak wisatawan yang berkunjung karena tertarik dengan keunikan curug ini yang diklaim pengelolanya sebagai “Air Terjun Pelangi”. Disebut “Air Terjun Pelangi” karena efek pelangi yang ditimbulkan dari lampu yang diletakkan di belakang air terjun. Efek cahaya lampu tersebut memancarkan beragam warna seperti warna-warni pelangi, menyajikan pemandangan yang luar biasa indah di malam hari.

Untuk dapat menikmati pemandangan air terjun pelangi, Anda harus berkunjung ke Curug Cimahi pada sore atau malam hari, karena “Air Terjun Pelangi” dapat disaksikan mulai pukul 17.00 hingga 21.00. Anda hanya cukup membayar Rp 15.000/orang untuk bisa menyaksikan “Air Terjun Pelangi”. Tiket ini lebih mahal Rp 3.000 dibandingkan dengan tiket biasa pada pagi hingga sore hari.

“Air Terjun Pelangi” memberikan sensasi berbeda dalam menikmati air terjun. Menyaksikan air terjun pada pagi maupun siang hari merupakan hal yang biasa, karenanya menyaksikan air terjun pada malam hari memberikan sensasi berbeda. Berkat lampu instalasi yang secara khusus dipasang di dinding bagian belakang air terjun, Anda bisa melihat pelangi di malam hari. Ketika tertimpa cahaya, sontak air terjun tersebut menjadi lebih eksotik daripada sebelumnya. Warna merah, jingga, kuning, biru, hijau, nila, dan ungu mendominasi air terjun dan menjadikannya begitu indah.

Apabila Anda mengunjungi Curug Cimahi sejak pagi hari, maka Anda bisa menikmati kicauan burung serta menyaksikan monyet ekor panjang bergelantungan di dahan-dahan pohon. Selain itu, Anda bisa menikmati keindahan flora dan fauna di sepanjang jalan menuju curug.

Jika Anda tertarik mengunjungi Curug Cimahi, banyak alternatif jalan yang bisa dipilih. Kebanyakan wisatawan menggunakan jalur Cimahi melalui Cihanjuang, Parongpong, dan jalur Lembang. Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, bisa menyusuri Jalur Cihideung menuju Cisarua. Pintu masuk curug terletak tepat di sebelah terminal angkot Cisarua di sisi Jalan Kolonel Masturi.

Setelah masuk ke pintu gerbang curug cimahi, kita akan melewati ratusan anak tangga menuju ke bawah, ada sekitar 587 anak tangga. Dari anak tangga, Anda dapat melihat keindahan air terjun. Memang cukup melelahkan menuruni anak tangga untuk sampai air terjun, namun semua rasa lelah itu akan terbayar lunas dengan pemandangan curug yang indah serta udara yang sejuk dan segar ketika sampai di lokasi, di sini beberapa wisatawan biasanya bermain air dan banyak mengambil foto selfie sebagai kenang-kenangan.

Bagaimana, apakah Anda tertarik menghabiskan akhir pekan dan hari libur di Curug Cimahi?* Uma – kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya