Sabtu, 27 April 2024
Sosok Inspirasi
Pendidikan

Plt. Rektor Berikan UNS Award kepada Prof. Iftekhar Hasan

Jumat, 8 Maret 2024
award.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberikan Penganugerahan UNS Award Tahun 2024 “Adikarya Anugraha Widyatama Upa Baksana” kepada Prof. Iftekhar Hasan. Penganugerahan UNS Award diberikan langsung oleh Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. didampingi Ketua Senat Akademik, Prof. Dr. Sri Sulistyowati, dr.,Sp.OG(K) dan Ketua Dewan Profesor (DP) UNS, Prof. Drs. Suranto Tjiptowibisono, M.Sc., Ph.D. dalam acara Sidang Terbuka Senat Akademik Dies Natalis ke-48 UNS bertempat di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Jumat (8/3/2024)

Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. mengatakan, Prof. Iftekhar Hasan merupakan university professor dan Edward Gerald Corrigan Chair in Finance di Fordham University USA. Beliau memperoleh gelar Ph.D. dari University of Houston, USA.

UNS memberikan penghargaan UNS Award kepada Prof. Iftekhar Hasan karena dua hal besar. Pertama, kontribusi Prof. Iftekhar Hasan yang signifikan dalam pengembangan keilmuan dan kebijakan dalam bidang ekonomi khususnya mengenai sektor keuangan di negara berkembang. Beliau telah banyak melakukan riset dan memberikan berbagai rekomendasi kebijakan terkait dengan pengembangan sektor keuangan dan perbankan di negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Keunggulan keilmuan beliau dapat dilihat dalam berbagai indikator diantaranya, jumlah Paper/ Publikasi di Scopus berjumlah 325, Jumlah Sitasi di Scopus sebanyak 11.297, H-Index Scopus sebanyak 54, Jumlah Sitasi di Google Scholar 31.856, H-Index Google Scholar 87, Peringkat top author in the world dalam bidang Banking di REPEC 19, dan Top 10 Journals in Finance in the last 75 Years sebanyak 7.

“Sedangkan rekognisi atas kontribusi praktis dan kebijakan Prof. Iftekhar Hasan dapat dilihat dalam peran beliau sebagai konsultan, advisor atau visiting scholar di berbagai institusi. Diantaranya di Bank of Finland, World Bank, the IMF, the United Nations, the Federal Reserve Bank of Atlanta, the Office of the Comptroller of Currency of the U.S. Treasury, the Banque de France, Development Bank of Japan, and the Italian Deposit Insurance Corporation,” terang Dr. Chatarina.

Kontribusi keilmuan dan praktis Prof. Iftekhar Hasan juga direfleksikan dalam berbagai penghargaan yang pernah beliau peroleh dari berbagai negara. Diantaranya Fullbright Scholar and Selector, US, Changjiang Scholar in China, Louis Bachelier Fellow in France, Shimomura Fellow in Japan, Bursa Malaysia Chair in Malaysia dan Doctor Honoris Causa degree from the Romanian American University in Bucharest.

Kedua, kontribusi Prof. Iftekhar Hasan yang signifikan dalam pengembangan UNS. Diantaranya membantu dalam mengakselerasi visibilitas, reputasi dan peringkat UNS khususnya di tingkat internasional dalam kapasitas beliau sebagai Chairman of UNS International Advisory Board. Kemudian menjadi Co-Supervisor atau Dissertation Committee beberapa dosen UNS yang melanjutkan studi Ph.D. di perguruan tinggi di luar negeri. “Prof. Iftekhar Hasan juga menjembatani kerja sama UNS dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri. Diantaranya dengan University of Twente, Belanda, Bangor University, UK, University of Rome III, Italia dan University of Portsmouth, UK,” pungkas Dr. Chatarina.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya