Senin, 22 April 2024
Sosok Inspirasi
Plt. Rektor: Lulusan Harus Berperan sebagai Duta UNS

Periode 2 Tahun 2024, UNS Wisuda 849 Lulusan

Sabtu, 24 Februari 2024
wisuda.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Wisuda Periode 2 Tahun 2024. Wisuda dilaksanakan di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Sabtu (24/2/2024) dengan diikuti oleh 849 wisudawan.

Dalam sambutannya, Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. mengucapkan selamat kepada 849 wisudawan yang mengikuti Wisuda UNS Periode 2 Tahun 2024. Dr. Chatarina berpesan kepada lulusan UNS untuk dapat berperan sebagai duta UNS yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Di mana pun para lulusan UNS berada dan bekerja, termasuk yang berada dalam posisi strategis, baik di pemerintahan, organisasi internasional, perusahaan negara maupun swasta dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa,” pesan Dr. Chatarina.

Dr. Chatarina menambahkan, dunia kerja membutuhkan keahlian dan keterampilan akademik yang telah diperoleh di UNS sebagai hard skill, namun itu saja belum cukup jika tidak melakukan proses pembelajaran. “Belajar sepanjang hayat adalah keniscayaan bagi kita yang memiliki keinginan untuk maju dengan terus mengembangkan diri. Pengembangan diri meliputi bagaimana kita tidak hanya terus meningkatkan hard skill, tetapi juga kita harus terus meningkatkan soft skill,” imbuh Dr. Chatarina.

Oleh karena itu proses pembelajaran yang akan dilakukan di dunia kerja nanti, baik hard skill maupun soft skill harus dapat membentuk menjadi pribadi yang adaptif dengan pesatnya perubahan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dalam berbagai literatur, dinyatakan bahwa skill yang dibutuhkan pada era digital saat ini bukan saja skill tentang technology adaption, coding, analisis data, dan sebagainya, keterampilan yang terkait dengan teknologi informasi merupakan hard skill. Namun dari begitu banyaknya soft skill yang harus dimiliki seperti critical thinking, problem solving, atau team work/ kemampuan bekerja dalam tim, ada satu soft skill yang terutama dibutuhkan dalam dunia kerja yaitu adalah kemampuan berkomunikasi.

“Kemampuan komunikasi yang baik akan memfasilitasi dan meningkatkan soft skill lainnya, seperti problem solving, leadership dan lainnya. Pada akhirnya soft skill yang Saudara miliki tersebut yang akan menentukan dan berperan penting dalam pengembangan suksesnya karir Saudara, karena hard skill hanyalah sekadar pintu masuk ke dunia kerja,” ujar Dr. Chatarina.

Sementara itu, dalam laporannya, Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. menyampaikan, dalam wisuda periode 2 tahun 2024, UNS mewisuda 849 wisudawan. Diantara para wisudawan tersebut terdapat 165 wisudawan dengan predikat cumlaude atau dengan pujian. Pada wisuda kali ini terdapat 2 wisudawan yang merupakan mahasiswa luar negeri berasal dari negara Jepang dan Timor Leste

Terdapat wisudawan dengan capaian luar biasa, diantaranya wisudawan tercepat Program Doktor diraih oleh Fafurida dari Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Ekonomi dengan lama studi 2 tahun 11 bulan. Wisudawan termuda Program Doktor diraih oleh Bita Gadsia Spaltani dari Prodi S3 Ilmu Hukum, dengan usia 29 tahun 11 bulan.

Wisudawan tercepat Program Magister diraih oleh Gunarto dari Prodi S2 Ilmu Hukum, lama studi 1 tahun 4 bulan. Wisudawan termuda Program Magister diraih Aisyah Khilawatun Niswah dari Prodi S2 Teknologi Pendidikan, dengan usia 23 tahun 8 bulan.

Wisudawan tercepat Program Sarjana diraih oleh Maulina Ratih Kusuma Wardani dari Prodi Psikologi, lama studi 3 tahun 4 bulan. Wisudawan termuda Program Sarjana diraih oleh Salwa Syauqina Heika dari Prodi Kedokteran, dengan usia 20 tahun 8 bulan.

Wisudawan tercepat Program Diploma IV diraih Puspita Nur Hidayah dari Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, lama studi 4 tahun. Wisudawan termuda Program Diploma IV diraih oleh Prisca Fransysca dari Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dengan usia 21 tahun 9 bulan.

Wisudawan tercepat Program Diploma III diraih oleh Krisna Mahardika Putra Anggara dari Prodi Komunikasi Terapan, lama studi 2 tahun 11 bulan. Wisudawan termuda Program Diploma III diraih oleh Anjalina Aisyah Novitasari Putri dari Prodi Komunikasi Terapan, dengan usia 21 tahun 3 bulan.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya