Senin, 26 Februari 2024
Sosok Inspirasi
Pendidikan

Awal Tahun 2024, Empat Guru Besar Baru Siap Perkuat UNS

Senin, 15 Januari 2024
gubes.jpg
Humas UNS
GURU Besar baru UNS yaitu Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Rahayu, S.P., M.P., Prof. Dr. Indah Widiastuti, S.T., M.Eng., Prof. Dr. Peduk Rintayati, M.Pd. dan Prof. Dr. dr. Trisulo Wasyanto, SpJP (K), FIHA, FAPSC, FAsCC.*

KISUTA.com - Awal tahun 2024 ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menambah empat Guru Besar baru. Empat Guru Besar baru ini siap memperkuat posisi UNS baik di kancah nasional maupun internasional. Para Guru Besar baru ini akan dikukuhkan oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. pada Selasa (16/1/2024) di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS.

Dalam konferensi pers bersama media di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa UNS, Senin (15/1/2024), Sekretaris Senat Akademik UNS, Prof. Dr. Mohammad Jamin, S.H., M.Hum. mengatakan, keempat Guru Besar ini yaitu Prof. Dr. Peduk Rintayati, M.Pd. dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP); Prof. Dr. dr. Trisulo Wasyanto, SpJP (K), FIHA, FAPSC, FAsCC. dari Fakultas Kedokteran (FK); Prof. Dr. Indah Widiastuti, S.T., M.Eng. dari FKIP dan Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Rahayu, S.P., M.P. dari Fakultas Pertanian (FP).

"Selamat kepada empat Guru Besar baru, semoga dengan disiplin ilmunya masing-masing dapat memberikan manfaat tidak hanya untuk UNS namun juga untuk masyarakat,” terang Prof. Jamin.

Prof. Dr. Peduk Rintayati, M.Pd. merupakan Guru Besar ke-78 FKIP dan ke-299 UNS. Beliau akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Pendidikan IPA SD pada FKIP. Pidato inagurasi yang akan dibawakan berjudul ‘Penguatan Empati Lingkungan di Sekolah Dasar melalui Stimulasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan’.

Prof. Dr. dr. Trisulo Wasyanto, SpJP (K), FIHA, FAPSC, FAsCC. merupakan Guru Besar ke-49 FK dan ke-300 UNS. Beliau akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Jantung dan Pembuluh Darah Perawatan Intensif dan Kegawatan Kardiovaskuler pada FK. Pidato inagurasi yang akan dibawakan berjudul ‘’Peran Novel Biomarker Dalam Diagnostik dan Prognostik Serangan Jantung Mendadak’.

Prof. Dr. Indah Widiastuti, S.T., M.Eng. merupakan Guru Besar ke-79 FKIP dan ke-301 UNS. Beliau akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Teknik Material pada FKIP. Pidato inagurasi yang akan dibawakan berjudul ‘Eksplorasi Material Berbasis Plastik Daur Ulang dalam Penguatan Green Skills pada Technical Vocational Education & Training (TVET)’.

Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Rahayu, S.P., M.P. merupakan Guru Besar ke-45 FP dan ke-302 UNS. Beliau akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Pedology dan Survey Tanah pada FP. Pidato inagurasi yang akan dibawakan berjudul ‘Implementasi Pedologi Dalam Menjawab Kebutuhan Pertanian dan Non Pertanian di Masa Depan’.

Prof. Jamin berharap, semoga empat Guru Besar baru ini dapat memotivasi dosen-dosen lainnya yang belum menjadi Guru Besar. “Ayo semangat, semoga ini bisa menginspirasi dosen-dosen lain yang belum Guru Besar supaya segera mengurus dan menjadi Guru Besar,” pungkasnya.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya