Kamis, 16 Mei 2024
Wisata & Sejarah

Kesetiaan Prajurit Terakota di Istana Bawah Tanah Kaisar Qin

Rabu, 2 Maret 2016

KISUTA.com - Provinsi Xian di China merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dunia. Xian merupakan salah satu kota tertua di China. Kota yang dulunya bernama Chang’an ini mempunyai keindahan yang membuat wisatawan ketagihan untuk kembali mengunjunginya. 

Bukan hanya sebagai kota kuno, Xian juga merupakan bagian dari sejarah Negeri Tirai Bambu ini, karena pernah menjadi ibukota dari 20 dinasti yang pernah bertahta. Sejarah besar telah mengukir kota ini dan masih berdiri tegak sampai dengan era modern masa sekarang. 

Di Xian wisatawan bisa menyaksikan peradaban bangsa China semasa Kaisar Qin Shin Huang. Wisatawan akan berdecak kagum melihat istana bawah tanah yang dibangun Kaisar Qin Shin Huang yang berisi makam sang kaisar yang dijaga ribuan patung tentara terakota. Istana bawah tanah berserta makam sang kaisar dan patung terakota tersebut sangat legendaris, hingga menjadi incaran wisatawan saat berlibur. 

Anda yang pernah menonton film “The Myth” yang dibintangi aktor terkenal, Jackie Chan dan Kim Hee Sun, bisa menyaksikan bagaimana tentara terakota dengan formasinya yang begitu spektakuler. Meskipun jumlahnya sudah ribuan, namun sesungguhnya belum semua patung terakota tergali, masih ada yang terkubur. Patung-patung tersebut terbuat dari tanah liat dan ukurannya benar-benar seperti tubuh manusia.

Dari berbagai sumber yang disadur oleh kisuta.com, Qin Shin Huang merupakan kaisar pertama China yang mempunyai karakter unik. Selain terkenal karena kecerdasannya, ia juga dikenal sangat kejam dan berani. Satu kekurangan sang kaisar adalah, ia takut mati hingga terobsesi bisa hidup abadi. Seumur hidupnya, ia mencari obat yang bisa melawan atau mengusir kematian. 

Ketakutannya pada ajal itulah yang menginspirasinya untuk membangun istana bawah tanah yang kemudian dikenal dengan nama Mausoleum Kaisar Qin. Tak tanggung-tanggung, untuk menemaninya di alam baka, sang kaisar sengaja membuat patung-patung tentara yang jumlahnya ribuan. Sang kaisar pun memenuhi istana bawah tanahnya dengan harta benda. 

Istana bawah tanah ini baru selesai dibangun setahun setelah kematian Kaisar Qin Shin Huang karena penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Kaisar Qin Shin Huang digantikan oleh putranya yang ternyata lebih kejam. Saking kejamnya, ia mengubur hidup-hidup semua selir ayahnya di dalam istana bawah tanah. 

Meskipun Mausoleum Kaisar Qin sudah berusia sekitar 2.000 tahun lebih, namun keberadaannya masih terpelihara. Bagi wisatawan yang mengunjungi China, pasti menjadikan Xian sebagai tujuan wisata untuk menyaksikan keindahan dan spektakulernya tentara terakota yang menjaga Kaisar Qin Shin Huang beserta istananya.* uma – kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya