Jumat, 10 Mei 2024
Sosok Inspirasi
Asmoro Cendani Laras

Mahasiswi Unisri Ini Bantu Pelaku UMKM Pasarkan Produk Lewat Medsos

Selasa, 25 Agustus 2020
asmoro2.jpg
Dok.Pri

KISUTA.com - Pandemi Covid-19 telah mewabah selama berbulan bulan di Indonesia dan hampir mengubah seluruh aspek kehidupan. Masyarakat dituntut untuk bisa beradaptasi dalam pola kehidupan baru yang kini dikenal dengan era new normal. Saat ini masyarakat lebih mengandalkan teknologi digital untuk menjalani kehidupan sehari hari.

Fenomena inilah yang dimanfaatkan oleh Asmoro Cendani Laras, mahasiswa KKN Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta untuk mengadakan sosialisasi pemasaran produk UMKM melalui sosial media.

Di bawah arahan Dosen Pembimbing Lapangan, Andika Drajat M.,SIP.,MA , Asmoro berkesempatan mewawancarai dan melihat proses produksi salah satu pelaku UMKM yang berada di Desa Ngrompak, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Pemilik UMKM ini membagikan ceritanya mengenai usaha jamur tiram yang semakin sepi di masa pandemi ini seperti pembeli yang mulai berkurang dan permintaan pasar yang terus menurun.

Inilah yang mendorong Asmoro melakukan inovasi dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi pemasaran produk UMKM dengan memanfaatkan sosial media. Kegiatan yang dilakukan meliputi pelatihan pembuatan dan pengelolaan toko online di akun belanja online dan beberapa akun sosial media seperti instagram dan facebook.

Kegiatan sosialisasi ini dilatarbelakangi oleh perubahan gaya hidup masyarakat di masa pandemi Covid-19 yang lebih mengandalkan sosial media sebagai penggerak kegiatan sehari-hari dan juga di masa sekarang sosial media marketing adalah salah satu strategi yang paling fleksibel dan efektif yang bisa digunakan untuk memasarkan UMKM.

Dijelaskan Asmoro Cendani Laras, ada banyak alasan mengapa sosial media sangat dibutuhkan oleh UMKM. "Banyak konsumen beraktivitas di sosial media. Di sosial media mudah berinteraksi dengan konsumen, meningkatkan visibilitas merek, sosial media mempunyai banyak jenis platform dan tipe konsumen yang berbeda. Juga penggunaan biaya yang lebih efektif dan meningkatkan penjualan," jelas Asmoro.

Selain melakukan pendampingan untuk membuat toko online, Asmoro juga membantu dalam proses pengemasan dan pemberian branding yang menarik. Hal itu dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman saat ini. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya beli konsumen terhadap produk yang dijual.

Sosialisasi yang diadakan di rumah salah satu warga pelaku UMKM telah mendapatkan sambutan baik dari pemilik UMKM setempat. Hal itu terbukti dengan antusias warga yang langsung ingin mencoba memasarkan produknya di sosial media.

Harapan ke depan, pemilik usaha UMKM ini ingin mendapatkan respon yang baik dan dapat membantu meningkatkan perekonomian. Setelah adanya kegiatan sosialisasi ini, mereka berharap produk UMKM mendapatkan respon yang baik dari konsumen dan juga dapat meningkatkan penjualan.* das - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya